Abah Sugiono Siap Wujudkan Sidoarjo Lebih Baik, Bermartabat, Berkeadilan dan Kesejahteraan

Ir H Sugiono saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacabup pilkada Sidoarjo diterima langsung Ketua DPC PDIP Sumi Harsonoo. (Ist)2024 diteri ketua
Ir H Sugiono saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacabup pilkada Sidoarjo diterima langsung Ketua DPC PDIP Sumi Harsonoo. (Ist)2024 diteri ketua
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Ir H Sugiono resmi mendaftar Bakal Calon Bupati (Bacabup) melalui PDI Perjuangan. Ir Sugiono adalah sosok pengusaha sukses di Kabupaten Sidoarjo, yang pernah menjabat sebagai ketua AKLI Kabupaten Sidoarjo.

Sugiono mengatakan, bahwa ia telah menyerahkan berkas perlengkapan dan seluruh persyaratan pencalonan di DPC PDIP Sidoarjo. “Bismillah saya mendaftarkan diri menjadi calon bupati melalui PDIP,” ujar Ir Sugiono saat mengembalikan formulir pendaftaran ke kantor DPC PDIP Sidoarjo bersama timnya yang merupakan warga perumahan Puri Surya Jaya Gedangan Sidoarjo, Minggu (19/5/2024).

Bersama rombongan sekitar 20 orang, Abah Sugiono (Gik) panggilan akrabnya diterima langsung Sumi Harsono dan Samsul Hadi selaku ketua dan sekretaris DPC PDIP Sidoarjo. Hadir juga Mundzir Dwi Ilmiawan serta Tri Hendroyono sebagai tim penjaringan Cakada PDIP, serta beberapa pengurus partai yang lain.

Pada hari terakhir, Ir Sugiono Adi Salam secara resmi daftar Cabup ke Tim Penjaringan Cakada PDIP di kantor DPC PDIP Sidoarjo. Mas Giono,--sapaan pengusaha sukses ini diantar 20 pendukungnya disambut Sumi Harsono beserta jajaran pengurus partai tersebut.

Proses penyerahan sebagai Calon Bupati Sidoarjo ini, berjalan lancar dalam suasana sedikit emosional. Dalam sambutan sebelum proses penyerahan formulir, Abah Sugiono sempat menitikkan air mata, mengingat bagaimana perjuangan Bung Karno yang begitu hebat untuk bangsa Indonesia, namun dikerdilkan oleh masa Orde Baru dengan adanya film G30S/PKI.

“Saya ini sejak masih sekolah dulu sudah seorang nasionalisme dan sangat mengagumi Bung Karno. Namun Karena sempat ter provokasi oleh Film G30/S PKI di masa orde baru, sehingga sedikit kecintaan saya berubah kepada beliau (bung karno). Alhamdulillah sampai ketika reformasi berdengung dan sadar bahwa film itu tidak benar, saya memutuskan untuk ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, dan memberikan sumbangsih penerangan jalan di sepanjang jalan masuk area makam beliau, “ujar Abah Sugiono sambil terbata-bata.

Abah Sugiono saat menyampaikan sambutan dengan menitikkan air mata. (Ist) 

Pada kesempatan ini, Abah Sugiono juga menyatakan 100 persen tidak ada keraguan pada dirinya untuk maju sebagai Cabup dari PDIP. Dengan berpedoman bahwa sesuatu yang baik harus diperjuangkan, Abah Sugiono mengikrarkan visi misi “Menyongsong Sidoarjo menuju lebih baik dan bermartabat, dengan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan pembangunan berkelanjutan”

Soal siapakah wakil bupati yang dipasangkan dengan dirinya, Mas Giono mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan partai. Ia menegaskan bahwa dirinya siap menerima keputusan DPP PDIP untuk memenangkan kontestasi Pilkada di Kabupaten Sidoarjo nanti.

“Saya berangkat dari wong cilik, karenanya konsep kerakyatan itu harus dihayati dan dilaksanakan,” jelas Mas Giono yang menjadi simpatisan PDIP sejak 1977, dan resmi menjadi kader PDIP seiring dengan pencalonan dirinya di partai tersebut. 

Mengenai keputusan tentang Wakil Bupati Sidoarjo nantinya, ia mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada DPP partai. Ia menegaskan bahwa dirinya siap menerima keputusan DPP PDIP untuk memenangkan kontestasi Pilkada di Kabupaten Sidoarjo nanti.

Di samping itu, Sugiono juga akan melakukan komunikasi untuk melakukan koalisi dengan partai dan bakal calon lain, dengan tujuan yang sama, yakni untuk memajukan Kabupaten Sidoarjo.

Karena secara realita, untuk bisa mencalonkan sebagai pasangan Cabup-Cawabup, PDIP masih memerlukan koalisi partai lagi.

Samsul Hadi SE sekretaris DPC PDIP Sidoarjo mengaku partainya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa partai lain untuk menjalin koalisi di Pilkada Sidoarjo 2024 nanti.Siapa saja partai itu, Samsul Hadi masih enggan mengungkapan.“Nanti kita umumkan jika sudah waktunya,” ungkapnya. 

Sosok H Ir Sugiono

Ir Sugiono juga merupakan owner perusahaan lampu merk Bandell, yang mensuport penerangan berbagai gedung perkantoran di Sidoarjo, dan juga menerangi lapangan stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Riwayat pendidikan S1 nya adalah Pendidikan Teknik Elektro Tahun 1990 Universitas Negeri Yogyakarta.S2 Fakultas Manajemen dan Bisnis, konsentrasi Family Managed Business, Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2016.Prodi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Tahun 2020.

Untuk Pendidikan Non Formal diantaranya Tenaga Ahli Madya Ketenagalistrikan (AMA-C, APEI-LPJK) Th.1998.Tenaga Ahli Utama Ketenagalistrikan (AMU-D, APEI-LPJK) Th. 2010.Surat Tanda Registrasi Insinyur Th.2021.Sertifikat ASEAN Engineer Th.2023.Ahli Iluminasi Level – 9 BNSP-PU Th.2023.

Riwayat Organisasi diantaranya Organisasi Profesi :Penguji Ahli Ketenagalistrikan (Asesor SKA, APEI-LPJK) Th.2010.Sekretaris DPC AKLI Kab. Sidoarjo (Th.2002-2005).Ketua DPC AKLI Kab. Sidoarjo (Th.2005-2012).Sekretaris Umum DPD AKLI Jawa Timur (Th.2013-2017).Bendahara PC APEI Metropolis (Th.2005-2008).Ketua umum PD APEI Jawa Timur (Th.2013-2017).

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat PP. APEI (Th.2014-2019).Wakil Ketua GAPEKSINDO Kab. Sidoarjo (Th.2013-sekarang)Penasehat KADIN Kab. Sidoarjo (Th.2013-sekarang)Bidang Energi Lainnya KADIN Provinsi Jawa Timur (Th.2021-2024), dan Bidang Bisnis dan Investasi Masyarakat Ketenagalistrikan Jawa Timur (MKI). (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper