Dugaan Kecurangan Penggelembungan Suara, Ini Kata Ketua KPU Kota Malang

Kantor KPU Kota Malang. (Ist)
Kantor KPU Kota Malang. (Ist)
b-news.id leaderboard

MALANG | B-news.id - Dugaan kecurangan pengelembungan suara yang mencuat di internal partai, yakni caleg Dapil 6 dari Partai PDI P Gunawan Wibisono hingga saat ini masih belum juga tuntas.

Sebelumnya, melalui juru bicara Gunawan Center Khusaeri menyampaikan terjadi dugaan pengalihan suara oleh oknum tidak bertanggung jawab di lakukan di Kecamatan Lowokwaru, Blimbing dan Sukun.

"Kami harap Bawaslu da KPU Kota Malang menindaklanjuti atau memproses dugaan kecurangan penggelembungan suara yang tersistematis ini. Bahkan surat somasi juga telah kita kirim ke ke keduanya," kata Khusaeri. 

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asmaningtyas mengatakan tentang adanya surat somasi yang ditujukan ke KPU Kota Malang memang benar.

"Bahwa benar ada surat somasi yang masuk ke KPU Kota Malang. Dan somasi itu bisa dijawab atau tidak," kata Aminah, Selasa, (12/03/2024).

Disinggung kenapa KPU belum juga menanggapi atau mengindahkan somasi tersebut, Ketua KPU balik mempertanyakan Informasi tersebut dari mana, dan media diminta untuk menanyakan kembali kepada tim hukumnya.

Kemudian KPU Kota Malang juga menyanggah bawah ada saksi yang protes ketika perhitungan di PPK. 

"Ya kalau somasi itu adalah hal dari tim hukum dari caleg, sementara untuk prosedur untuk di Kota saat rekapitulasi itu kan ada prosedur atau ada tata cara di dalam rekapitulasi itu. Kalau tidak sesuai atau tidak keberatan begitu melekat melalui saksi partai. Dan KPU Kota Malang akan menanggapi," ungkapnya. 

"Ya nanti ditanggapi mas, dan di jawab somasinya. Kemarin Karena masih ada rekap di Provinsi," singkatnya. 

Ia menjelaskan, kalau terkait prosedur rekapitulas, harusnya melalui partai politik, kalau dari caleg melalui tim atau kuasa hukumnya. 

"Dan nanti akan kita jelaskan terkait itu. Ya memang kita masih di surabaya waktu itu rekapannya lama," jelasnya

Kemudian menanggapi dari Bawaslu Provinsi Jatim yang merekomendasi untuk penyandingan ulang Antara data rekap asli dan data Bawaslu, Ketua KPU mengatakan rekom dari bawaslu itu akan dilaksanakan. (din)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper