KPU Gresik dan Stakeholder Pemilu Lakukan Pembersihan APK Kampanye di Masa Tenang

Minggu : 11 Februari 2024 : 18:39:20 Editor: Zainul Arifin
KPU Gresik dan Stakeholder Pemilu Lakukan Pembersihan APK Kampanye di Masa Tenang

Komisioner KPU Makmun bersama Pol PP membersihkan APK Pemilu. (Ist)

GRESIK | B-news.id - Memasuki masa tenang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, langsung melakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK), pada pukul 00.00 Wib Minggu (11/2).

Pembersihan tersebut, dilakukan KPU Gresik bersama sejumlah stakeholder, yaitu partai Politik, Bawaslu, Satpol-PP, Kepolisian, dan Kesbangpol.

Dalam keterangannya, Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM menyampaikan, bahwa pembersihan APK pada masa tenang ini, dilakukan sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU Nomor 15 tahun 2023, bahwa APK Kampanye harus dibersihkan peserta pemilu minimal satu hari sebelum hari pemungutan suara.

"Ini juga sesuai dengan surat dinas KPU Provinsi Jawa Timur Nomor 76 tahun 2024, agar melakukan pembersihan APK Kampanye saat memasuki hari tenang," jelas Makmun, saat ditemui di Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo Gresik.

Selain dilakukan KPU Gresik, kata Makmun, pembersihan ini juga dilakukan berjenjang, oleh PPK di tiap kecamatan, dan PPS di tiap Desa.

"Dengan pembersihan ini, KPU Gresik berharap, pada masa tenang tanggal 11, 12 dan 13 Februari 2024 ini, Kabupaten Gresik kondusifitasnya terjaga, sampai pada suksesnya perhelatan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 mendatang," pungkas Makmun. (ali)