Bawaslu Sidoarjo Konsolidasi Pemilih Pemilu 2024 Warga Liponsos

Ketua, Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha membuka rapat Konsolidasi pemilih Pemilu 2024 Warga Liponsos, Sidoarjo di hotel Fave Sidoarjo. (foto: zainul B-news.id )
Ketua, Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha membuka rapat Konsolidasi pemilih Pemilu 2024 Warga Liponsos, Sidoarjo di hotel Fave Sidoarjo. (foto: zainul B-news.id )
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Dalam rangka mengawal hak pilih warga Sidoarjo terutama Liponsos, Bawaslu Sidoarjo menyelenggarakan Rapat Konsolidasi Internal bersama stakeholder terkait di hotel Fave Sidoarjo, Selasa (23/01/2024). 

Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha menyatakan, bahwa dalam menyikapi Pemilu 2024 di lingkungan Liponsos di Sidoarjo. Sedangkan Liponsos di Sidoarjo ada 2 tempat, yakni di Jalan Pahlawan dan di Sidokare milik Pemkab Sidoarjo.

Saat ini lanjut Agung, Liponsos sudah ada pemutakhiran data, namun yang saat ini kami selenggarakan adalah soal tekhnis pelaksanaannya. Karena pada Pemilu 2019 ada sedikit perbedaan dengan Pamilu 2024, yakni hak pilih warga Liponsos, termasuk jumlah peserta pemilu utamanya warga Liponsos.

“Jadi, konsolidasi hari ini soal akurasi data daftar pemilih (DPT) untuk Liponsos. Ada dua Liponsos, yakni di Jalan Pahlawan Sidoarjo milik Pemprov Jatim, jumlahnya yang berhak memilih ada sekitar 200 an, sedangkan di Liponsos Sidokare, jumlahnya masih di data (diverifikasi),” ucapnya.

Ketua Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha. (foto : zainul B-news.id) 

Terkait dengan itu, lanjut Agung, pihaknya akan berkordinasi dengan KPU Kabupaten Sidoarjo soal hak pilih di Liponsos. Begitu juga untuk TPS bagi pemilih di Liponsos belum ada kejelasan. Dikatakan Agung, selama ini di Liponsos tersebut juga belum pernah ada TPS. Dalam Pemilu sebelumnya, beberapa warga Liponsos yang punya hak pilih mencoblos di TPS terdekat. 

Saat ini jumlahnya ratusan, apa sudah tercover di TPS terdekat atau belum. Menurut Agung, jika mendirikan TPS sendiri, Hasil konsolidasi hari ini, lanjut Agung, berencana akan disampaikan ke Jawa Timur atau Pusat. “Karena, untuk menyikapi Liponsos ini, perlu adanya sinkronisasi data, terutama dari KPU Kab. Sidoarjo. Kalau memang tidak bisa dieksekusi di Sidoarjo, coba akan didorong dan nanti arahan dari provinsi maupun pusat bagaimana,”papar Agung.

Seperti diketahui, dalam melaksanakan Peraturan Badan Pengawasan Pemilu (Perbawaslu) Sidoarjo Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu, Bawaslu setempat menyelenggarakan kegiatan “Konsolidasi Pemilih Pemilu Tahun 2024 di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) di Kabupaten Sidoarjo. (za)

 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper