KPU Kota Mojokerto Butuh 2.758 Tenaga KPPS

5 anggota Komisioner KPU Kota Mojokerto (ram)
5 anggota Komisioner KPU Kota Mojokerto (ram)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto membuka pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu Legislatif, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Pemilu Presiden serta Wakil Presiden Tahun 2024.

Sebanyak 2758 anggota KPPS akan direkrut oleh KPU Kota Mojokerto. Setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), masing-masing ada 7 anggota KPPS. Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin pada acara Media Gathering di Lynn Hotel Mojokerto, Jumat (8/12/2024).

Pendaftaran calon anggota KPPS tersebut dimulai Senin, 11 Desember 2023 hingga Rabu, 20 Desember 2023. Untuk menjadi seorang petugas KPPS harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti memiliki KTP, berdomisili di wilayah kerja KPPS. Berusia paling rendah 17 tahun dan paling tinggi 55 tahun.

Di samping itu, kata Amin panggilan akrab ketua KPU Kota Mojokerto, calon anggota KPPS harus setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selanjutnya, calon anggota KPPS harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. Amin melanjutkan, anggota KPPS tidak boleh menjadi anggota partai politik atau tidak lagi menjadi anggota partai politik paling singkat 5 tahun. Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Calon anggota KPPS berpendidikan Sekolah Menengah Atas atau sederajat, dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

"Bagi warga kota yang berminat untuk menjadi anggota KPPS silahkan mendaftar di masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kelurahan sesuai dengan domisili," pungkasnya. (ram)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper