Yuk Cermat dan Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Pegadaian

Hati- hati dan waspada modus penipuan mengatasnamakan Pegadaian. (Ist)
Hati- hati dan waspada modus penipuan mengatasnamakan Pegadaian. (Ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id -  Modus Penipuan Mengatasnamakan PT Pegadaian kembali marak. Penipu memanfaatkan media sosial dan jejaring komunikasi seperti WhatsApp maupun Telegram untuk menyebarkan informasi dan penawaran lelang palsu mengatasnamakan PT Pegadaian yang bisa merugikan masyarakat. 

Adapun modus penipuannya adalah Lelang Online menawarkan barang elektronik, emas perhiasan dan logam mulia dengan harga yang sangat murah, bahkan jauh lebih murah dari harga pasaran. 

Untuk menarik minat calon korban penipuan barang lelang yang ditawarkan divisualisasikan melalui foto maupun video. Kemudian masyarakat yang tergiur akan diajak bertukar pesan melalui direct message di media sosial, hingga platform chat seperti WhatsApp dan Telegram. Setelah itu korban diminta mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening penipu.

Yudi Sadono selaku Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan iming - iming barang lelang dengan harga murah dan segala bentuk modus lelang online mengatasnamakan PT Pegadaian sebagai upaya tipu daya pelaku penipuan." Ujarnya saat dikonfirmasi oleh awak media, Rabu (8/11/2023).

"Sampai saat ini, PT Pegadaian tidak memiliki program lelang yang di promosikan melalui media sosial, apalagi dengan transaksi pembayaran secara virtual. Lelang barang agunan hanya dilakukan di outlet dan bazar lelang terpadu yang digelar secara resmi oleh PT Pegadaian,," terang Yudi.

Yudi juga menyampaikan, adapun transaksi pembayaran angsuran, tabungan emas, dan jasa lainnya selain di outlet Pegadaian, dapat dilakukan melalui Agen Pegadaian dan aplikasi Pegadaian Digital. 

Namun, jika masyarakat perlu bertransaksi dengan metode tranfer, ada baiknya memperhatikan rekening Bank yang dituju dengan teliti, yaitu atas nama PT Pegadaian.

"Sekali lagi kami meminta kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati - hati terhadap tawaran ataupun Informasi yang belum diketahui kebenarannya, apalagi sampai melakukan tranfer uang tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Pastikan anda selalu melakukan konfirmasi melalui kanal resmi perusahaan PT Pegadaian agar tidak terperdaya modus penipuan," pungkasnya. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper