Polres Blitar Gelar Baksos  Penyaluran Air Bersih di Dusun Widodaren Blitar, HUT Ke 69 Hari Lalu Lintas

b-news.id
Polres Blitar membagikan bantuan air bersih kepada warga. (ist)

KABUPATEN BLITAR | B-news id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas yang ke-69, Kepolisian Resor (Polres) Blitar melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa penyaluran air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan di Dusun Widodaren, Desa Dawuhan, Kecamatan Kademangan, Blitar.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Polres Blitar untuk terus hadir dan mendukung masyarakat, terutama dalam menghadapi situasi darurat seperti kekeringan.

Baca juga: Mayat Perempuan Tanpa Identitas Ditemukan di Hutan RPH Gandusari Blitar

Wakapolres Blitar, Kompol Yoyok Dwi Purnomo, S.T., S.I.K., M.H., secara simbolis melepas keberangkatan tiga mobil tangki yang mengangkut 15 ribu liter air bersih.

Penyaluran air bersih ini berlangsung pada hari Rabu, 11 September 2024, bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

Setiap tangki membawa air bersih ke lokasi yang paling membutuhkan di wilayah Dusun Widodaren, di mana warga sudah lama mengalami kesulitan air akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Kompol Yoyok Dwi Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polres Blitar terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan.

"Dalam rangka HUT Lalu Lintas Ke-69 ini, kami ingin memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Penyaluran air bersih ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian kami terhadap warga yang membutuhkan," ungkapnya. 

Penyaluran air bersih di Dusun Widodaren, Kab Blitar. (ist)

Dusun Widodaren di Kecamatan Kademangan merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Blitar yang cukup parah terdampak kekeringan. Banyak warga yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan yang terjadi selama beberapa bulan terakhir membuat sumur-sumur warga mulai mengering dan aliran sungai yang biasa menjadi sumber air utama juga semakin surut.

Baca juga: Gerak Cepat Polres Blitar Ungkap Kasus Pencurian dengan Pemberatan dalam Waktu 2 x 24 Jam

Bantuan air bersih dari Polres Blitar ini disambut dengan antusias oleh warga Dusun Widodaren. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya distribusi air bersih ini. Sejumlah warga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Polres Blitar yang telah peduli dengan kondisi mereka.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini. Air bersih sangat sulit didapat saat ini, dan bantuan dari Polres Blitar sangat berarti bagi kami," ujar salah satu warga yang hadir di lokasi distribusi air.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bentuk sinergi antara Polres Blitar dan pemerintah daerah serta lembaga lainnya dalam menangani permasalahan kekeringan di wilayah Blitar.

Kolaborasi ini diharapkan dapat semakin diperkuat ke depannya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama di saat menghadapi bencana seperti kekeringan yang sering terjadi saat musim kemarau panjang.

Tidak hanya fokus pada penyaluran air bersih, Polres Blitar juga merencanakan berbagai kegiatan sosial lainnya dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas. Kegiatan-kegiatan seperti pembagian sembako, layanan kesehatan gratis, serta edukasi dan kampanye keselamatan lalu lintas juga akan digelar dalam waktu dekat.

Baca juga: Kapolres Blitar dan Forkopimda Gelar Doa Bersama Demi Suksesnya Pilkada Kabupaten Blitar 2024

Semua kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan kepolisian dengan masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi komunitas setempat.

Lebih lanjut, Wakapolres Blitar, Kompol Yoyok Dwi Purnomo berharap kegiatan sosial seperti ini bisa terus berlanjut dan menjadi bagian dari program rutin Polres Blitar.

"Kegiatan sosial ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh bencana maupun kesulitan lainnya. Kami berkomitmen untuk selalu hadir dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," tambahnya.

Kegiatan penyaluran air bersih ini menjadi momentum bagi Polres Blitar untuk lebih dekat dengan masyarakat dan menunjukkan bahwa kepolisian tidak hanya bertugas dalam hal penegakan hukum, tetapi juga memiliki peran penting dalam upaya kemanusiaan dan membantu masyarakat dalam situasi-situasi darurat.

Kehadiran Polres Blitar di tengah-tengah masyarakat melalui aksi sosial ini menjadi contoh konkret dari pendekatan humanis yang mengedepankan kepentingan masyarakat luas. Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen Polres Blitar untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat dalam upaya bersama menjaga keamanan, kenyamanan, dan kesejahteraan masyarakat Blitar. (hms polres blitar/sun)

Editor : Zainul Arifin

Daerah
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru