Kunjungi UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha di Tulungagung, Pj. Gubernur Jatim Sapa Hangat Antusiasme Lansia

Pj Gubernur Adhy menyalami salah satu penghuni yansos tresna Werda Tulungagung. (Ist)
Pj Gubernur Adhy menyalami salah satu penghuni yansos tresna Werda Tulungagung. (Ist)
b-news.id leaderboard

TULUNGAGUNG | B-news.id - Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengunjungi UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha Blitar di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, pada Sabtu (22/6). 

Sebagai informasi, UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha merupakan panti/tempat untuk menampung lanjut usia (lansia) terlantar. Sebagian besar penghuni panti adalah lansia yang tidak mempunyai rumah atau keluarga kemudian difasilitasi oleh Dinas Sosial Provinsi Jatim. 

Dalam kunjungannya itu, Adhy disambut antusiasme tinggi dari para lansia. Ia menyapa seluruh lansia di UPT yang menampung 135 orang baik perempuan dan laki-laki. Dari total tersebut terbagi kelas utama berjumlah 55 orang di Blitar dan kelas jauh sebanyak 80 orang kelas di Tulungagung.

"Saya berharap mbah-mbah selalu sehat dan betah di sini. Kami dari Pemprov Jatim dan Dinas Sosial Provinsi Jatim berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik untuk peningkatan taraf kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi lanjut usia khususnya di dalam panti," ujar Adhy. 

Lebih lanjut, Adhy berharap peningkatan pelayanan ini tidak hanya dilakukan di UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha Blitar saja, tetapi dapat diperluas jangkauannya di seluruh UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha seluruh Jatim yang tersebar di Jember, Jombang, Pasuruan, Magetan, Bondowoso. 

Baca Juga : Kanwil DJP Jatim II Gandeng GERKATIN, Edukasi Pajak Berisyarat

Adhy juga sempat berbincang dengan seluruh lansia, salah satunya bernama Sutinah usia 87 tahun. Ia bertanya mengenai keseharian Sutinah selama di Panti. 

Kemudian Mbah Sutinah dengan semangat menjawab, “Saya sangat senang dan bangga bertemu dengan Bapak Pj. Gubernur, disini kami di fasilitasi dengan baik. Makanan enak sehari tiga kali, ada perawat yang menjaga kesehatan kami 24 jam dan lingkungan yang sudah seperti keluarga,” ungkapnya.

Baca Juga : Hadiri Peluncuran Data Regsosek Bappenas, Pj. Gubernur Jatim :  Optimalisasi Wujudkan Indonesia Emas 2045

Lebih lanjut, Adhy juga berharap agar adanya upaya peningkatan fasilitas di UPT untuk menunjang kegiatan sehari-hari lansia agar berjalan lebih baik dan maksimal. 

“Pemprov Jatim mengupayakan adanya fasilitas penunjang lainnya seperti toilet duduk agar lansia dapat terjaga kenyamanan dan kebersihannya,” tambah Adhy. 

Sementara itu, dalam kegiatan kunjungan ini, Pj. Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Novi Widiani, Kepala UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha Blitar Harijati, beserta Kepala Perangkat Daerah terkait dan jajarannya. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper