Peringati Hari Jadi Kota Mojokerto ke-106, Pemkot Gelar Lomba Menulis 1.106 Pantun

Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro saat ditengah-tengah murid SD. (ist)
Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro saat ditengah-tengah murid SD. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO I B-news.id - Hari Jadi Kota Mojokerto ke-106 akan jatuh pada 20 Juni mendatang namun berbagai lomba dan perayaan telah dilaksanakan sejak akhir Mei yang lalu. Kali ini Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto berkolaborasi dengan Jawa Pos Radar Mojokerto (JPRM) akan menggelar lomba menulis 1.106 pantun untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Mojokerto tersebut. 

Kegiatan ini akan diikuti ratusan siswa SD dan SMP se-Kota Mojokerto, dan akan dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juni 2024 yang akan datang di Atrium Sunrise Mall Jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto. 

Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro mengatakan event ini juga menjadi salah satu upaya melestarikan budaya para leluhur. Karena pantun sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia serta beberapa negara serumpun.

"Lomba ini untuk mengenalkan pantun kepada anak-anak, mereka selain terhibur juga dapat sekaligus belajar secara tidak sadar dan tersisip pesan-pesan moral yang tersirat di dalam sebuah pantun," ujar mas Pj sapaan akrab dari Ali Kuncoro pada Jumat (7/6).

Ia juga menegaskan bahwa melalui pantun juga dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa seseorang karena memperbanyak kosa kata apalagi buat anak-anak pelajar.

Baca Juga : Bupati Ikfina Hadiri Upacara Hari Jadi Kota Mojokerto ke 106 dan Saksikan Keunikan Pranatacaranya

"Saya kira melalui pantun juga bisa melatih kemampuan mengingat anak terutama pada usia emas anak. Dan ini sangat bagus untuk pertumbuhan otak mereka," tambahnya. 

Sedangkan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Ruby Hartoyo menerangkan lomba menulis pantun ini akan diikuti sekitar 500 lebih siswa SD dan SMP se-Kota Mojokerto, dengan tema Seputar Kota Mojokerto. 

Baca Juga : Jalan Sehat Hari Jadi Kota Mojokerto Ke-106, Ikuti dan Raih Hadiah Umrohnya 

"Jadi dalam lomba ini nanti setiap anak akan membuat dua pantun yang akan ditulis di media koran yang telah disiapkan oleh pihak Jawa Pos Radar Mojokerto," terang Ruby.

Perlu diketahui dalam lomba ini akan diambil tiga juara untuk masing-masing kategori. Yaitu juara 1, 2 dan 3 baik jenjang SD maupun untuk jenjang SMP. Sedangkan hadiahnya berupa uang pembinaan total senilai Rp. 13 Juta. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper