Raih Berkah Al Qur'an, Pj Gubernur Adhy Bersama OPD Khotmil Qur'an di Malam ke 25

Pj Gubernur Adhy bersama OPD Jatom gelar Khotmil Qu'an di malam ke 25. (Ist)
Pj Gubernur Adhy bersama OPD Jatom gelar Khotmil Qu'an di malam ke 25. (Ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menggelar Khotmil Qur’an bersama jajaran Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur tepat di malam ke 25 Ramadan, Kamis (4/4) malam.

Bertempat di Gedung Negara Grahadi, Khotmil Qur’an dimulai dengan bacaan Al Qur’an oleh Pj. Gubernur Adhy, kemudian dilanjutkan oleh para kepala perangkat daerah secara bergiliran, dan ditutup doa yang dipimpin oleh KH. Abdul Hamid Abdullah.

Secara khusus, Pj. Gubernur Adhy mengapresiasi semangat para kepala perangkat daerah dalam menjaga tradisi Khotmil Qur’an. Semangat tersebut tak hanya tercermin dari kehadirannya dalam acara Khotmil Qur’an ini namun juga menyelenggarakan secara mandiri di masing-masing kantornya.

“Terima kasih teman-teman semua masih menjaga tradisi yang sangat baik ini. Bahkan di beberapa kantor perangkat daerah ada yang mengadakan kegiatan membaca Al Qur’an hingga khatam,” ujarnya dalam sambutan.

Ia lantas mengutip sebuah hadist riwayat At Tirmidzi yang berbunyi, “Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.” Inilah keutamaan membaca Al Qur’an bagi seluruh umat muslim.

“Kegiatan ini, baik yang diselenggarakan di Grahadi maupun di masing-masing kantor perangkat daerah tentu tidak hanya untuk yang sudah lancar membaca Al Qur’an saja, melainkan juga bisa menjadi sarana saling belajar membaca Al Qur’an bagi para ASN,” ujarnya.

Ia menambahkan, akan lebih baik lagi apabila kegiatan ini tidak hanya sebatas membaca Al Qur’an semata, namun juga membaca tafsirnya dan mempelajari asbabun nuzulnya. Di beberapa Al Qur’an cetak maupun aplikasi sudah banyak yang dilengkapi dengan tafsir dan asbabun nuzulnya.

“Sehingga nilai-nilai Al Qur’an akan bersemayam di hati kita dan tercermin dalam sikap perbuatan kita sehari-hari,” imbuhnya.

Ia juga berharap tradisi Khotmil Qur’an di malam ganjil Bulan Ramadan ini membawa keberkahan bagi seluruh jajaran Pemprov Jatim. Tidak hanya keberkahan dalam kehidupan namun juga dalam tugas melayani masyarakat Jawa Timur.

“Mudah-mudahan dengan dengan ikhtiar Khotmil Qur’an ini kita semua bisa mendapatkan berkahnya Alquran dan mendapatkan kekuatan, kesehatan, dan terhindar dari marabahaya, serta diberi kemudahan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Jawa Timur,” pungkasnya. (zai) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper