Kolaborasi Pemkot Surabaya dan British Embassy Dongkrak Produk UMKM

Sekda Kota Surabaya M Ikhsan saat berkolaborasi dengan british Embassy Jakarta dalam acara Festival Kampung Ramadhan. (Ist)
Sekda Kota Surabaya M Ikhsan saat berkolaborasi dengan british Embassy Jakarta dalam acara Festival Kampung Ramadhan. (Ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkolaborasi bersama British Embassy Jakarta dalam mengembangkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hasil dari pengembangan produk UMKM itu lantas disuguhkan dalam acara "Festival Kampung Ramadan".

Festival yang digelar di sepanjang jalan Putat Jaya VI B, Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya ini, berlangsung selama dua hari. Yakni, pada Sabtu-Minggu tanggal 30-31 Maret 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya, M Ikhsan yang hadir mewakili Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengharapkan agar ke depan festival ini dapat dilaksanakan kembali pada momen yang lain. Misalnya ketika Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), Peringatan 17 Agustus dan Hari Pahlawan pada 10 November.

"Banyak momentum yang bisa kita kolaborasikan bersama dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan produk UMKM yang ada di Putat Jaya ini," kata Ikhsan saat pembukaan Festival Kampung Ramadan, Sabtu (30/3/2024) petang.

Lebih dari itu, Ikhsan menyampaikan bahwa kolaborasi antara Pemkot Surabaya dan British Embassy dalam pengembangan produk UMKM ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini. Mudah-mudahan ini yang pertama, kemudian kita siapkan untuk yang berikutnya," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ikhsan juga menitipkan pesan dan salam dari Wali Kota Eri Cahyadi kepada masyarakat yang hadir dalam Festival Kampung Ramadan. Pada intinya, wali kota mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Beliau (Wali Kota Eri Cahyadi), mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan masyarakat Surabaya," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya ini.

Sementara itu, East Regional Outreach Manager British Embassy Jakarta, Erlin Puspitasari mengatakan bahwa tahun ini tepat 75 tahun Inggris-Indonesia menjalin hubungan diplomatik yang erat dan kuat berdasarkan nilai-nilai bersama serta demokrasi. Baginya, Surabaya memegang peranan penting dalam mendukung persahabatan Inggris dan Indonesia.

"Apa yang kita saksikan pada sore hari ini adalah salah satu contoh nyata, inisiatif dari kedua negara yang membawa dampak yang sangat luas dan mempererat ikatan Inggris-Indonesia dan tentunya dengan Kota Surabaya pada khususnya," kata Erlin.

Karena itu, pihaknya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kota Surabaya atas dukungan dan kemitraan yang telah menghasilkan berbagai inisiatif yang sukses. Di antaranya adalah Future Cities Programme yang menjadi bukti komitmen bersama terhadap kemajuan dan pembangunan Surabaya.

"Sejak dimulai pada tahun 2019, program ini telah berhasil memberdayakan masyarakat Surabaya melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kapasitas," ungkap dia.

Menurutnya, keberhasilan dalam program ini tentunya juga berkat kerja sama dan kolaborasi dari semua pihak. Di antaranya yakni, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM), Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM, universitas lokal, berbagai mitra hingga para sponsor

"Harapan kami yang tulus adalah berbagai upaya dan peningkatan kapasitas akan berbuah manis memberdayakan bisnis lokal dan mendorong inovasi dalam komunitas," pungkas dia. (luk)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper