Kades Lorejo Kabupaten Blitar Salurkan BLT- DD 2024 Periode Januari - Februari untuk 14 KPM

Warga penerima manfaat mendengarkan sambutan Kades Lorejo, Bambang Ismaki. (Ist)
Warga penerima manfaat mendengarkan sambutan Kades Lorejo, Bambang Ismaki. (Ist)
b-news.id leaderboard

BLITAR | B-news.id - Sebagai langkah awal dalam menindak lanjuti pelaksanakan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu RI) nomor 145 tahun 2023 tentang pengelolaan Dana Desa tahun 2024 dan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permedes PDTT) Nomor 7 tahun 2023 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2024. 

Pemerintah Desa (Pemdes) Lorejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar menyalurkan bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) periode bulan Januari -Februari 2024 kepada 14 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran bantuan langsung tunai ini diserahkan oleh Kepala Desa Lorejo Bambang Ismaki didampingi oleh pendamping desa di Balai Desa Lorejo , Selasa 27 Februari 2024.

Kepala Desa Lorejo menyampaikan bahwa BLT Dana Desa tahun ini jumlah penerimanya tidak sama dengan tahun-tahun kemarin. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan baru dari pemerintah pusat, yaitu yang diprioritaskan bagi keluarga yang kehilangan mata pencaharian, keluarga yang terdapat anggota keluarga yang sakit menahun dan yang tidak pernah menerima bantuan PKH serta keluarga lanjut usia.

“Tahun ini Dana Desa (DD) untuk BLT-DD dibatasi minimal 10 persen maksimal 25 persen, sehingga dengan adanya kebijakan baru tersebut keluarga penerima manfaat menjadi menurun. Namun untuk desa Lorejo, kami sesuaikan dengan kriteria-kriteria yang maksud oleh peraturan. Ini jumlahnya ada 14 keluarga penerima manfaat, untuk jumlah yang diterima Rp300.000,- perbulan, dan ini saya rapel selama 2 bulan, Januari-Februari 2024” ungkap Bambang Ismaki.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga penerima manfaat di Desa Lorejo, oleh karena itu saya berpesan agar bantuan ini dapat digunakan dengan bijak oleh keluarga penerima manfaat untuk kebutuhan se hari-hari," harapnya.

Kades Lorejo Bambang Ismaki menyampaikan sambutan. (Ist) 

Kepala Desa Lorejo Bambang Ismaki menjelaskan, proporsi bantuan langsung tunai itu telah diatur sesuai dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 145 tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa 2024.

“Adapun kriteria penerima bantuan ini adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian, memiliki anggota keluarga yang rentang sakit, tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga atau lanjut usia. Artinya keluarga yang kurang mampu,” jelasnya.

Disamping itu Kades juga menerangkan, BLT Dana Desa merupakan program jaring pengaman sosial untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Covid-19 telah menimbulkan dampak pada aspek sosial, ekonomi, dan keuangan selain dampaknya terhadap aspek kesehatan masyarakat.

Sementara itu,Pak Sukro salah satu keluarga penerima manfaat melalui BLT DD mengaku berterimakasih kepada Kepala Desa Lorejo Bambang Ismaki yang memberi bantuan kepadanya.

"Kulo ngaturaken sembah nuwun dateng pak Lurah pak Bambang, kulo dibantu kenging damel nedo, kulo sampun tadi sepuh, sampun mboten pati kiyat nyambut damel, la niki angsal bantuan arto kenging damel tumbas kebutuhan kulo, " ungkap pak Sukro dengan logat jawanya asli. (sunyoto)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper