Inilah Pesan Veteran untuk Generasi Muda Lanjutkan Perjuangan

Nara sumber dari LVRI, Gatot Suharyoso. (ist)
Nara sumber dari LVRI, Gatot Suharyoso. (ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id - Memudarnya nilai, dan semangat dari perjuangan para leluhur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa, tampaknya perlu dan segera di berikan kepada generasi muda, khususnya bagi anak dan cucu veteran serta pejuang. 

Ratusan orang yang tergabung dalam Pemuda Panca Marga (PPM) mendapatkan pembekalan Jiwa Semangat Nilai-Nilai 45 yang dilakukan oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jawa Timur yang digelar di Convention Hall, Grand City Surabaya, Selasa (22/10).

Wakil II DPD LVRI Jawa Timur, Gatot Suharyoso, nenyampaikan bahwa memberikan bekal dan pengetahuan terusin nilai perjuangan kepada generasi penerus bangsa ini sangat penting, mengingat kondisi zaman yang modern.

"Generasi muda menjadi garda depan dengan semangat juang 45. Makanya kami veteran ini memberikan bekal nilai-nilai 45. Agar menjadi pedoman," ujar Gatot.

Salah satu peserta dari PPM Gresik ikut urun rembug. (ist)

Baca Juga : Pj. Gubernur Jatim Gelar Tasyakuran Bersama Keluarga Pahlawan dan Janda Perintis Kemerdekaan

Dia menilai pemuda saat ini kurang mendapatkan pendidikan baik di rumah, sekolah dan pergaulan di masyarakat.

"Bedanya anak dan remaja masa dulu dengan jaman sekarang adalah pada pendidikan serta kebiasaan nya. Disiplinan saat ini menjadi barang yang langka bagi anak muda," terangnya.

Baca Juga : Peringati HUT Ke-79 RI, Mas Pj Bareng Forkopimda Sambangi Rumah Veteran 

Selain memberikan bekal tentang pentingnya generasi muda mempunyai jiwa nasionalisme. Jiwa Semangat Nilai-nilai 45 ini juga mendapatkan cerita tentang sejarah.

Menurut salah satu pemateri, Sugito, anak muda saat ini kurang mengetahui sejarah perjuangan bangsa ini. 

"Buku dan pelajaran mengenai sejarah perjuangan bangsa sudah dikurangi bahkan ada yang dihilangkan dari bahan ajar, sehingga kami memulai dari keluarga besar veteran untuk tetap melestarikan nilai, jiwa, semangat dari perjuangan 1945,," tegas Sugito. (ali)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper