Pemkot Mojokerto Siapkan 896 Anggota Satlinmas dalam Perhelatan Pilkada 2024

Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro. (ist)
Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto telah menyiapkan sebanyak 896 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) guna menjaga kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Persiapan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan upaya Pemkot untuk memastikan Pilkada serentak nanti berjalan tertib, aman dan kondusif.

“Dari total 896 personel Satlinmas, sebanyak 510 orang akan disiagakan secara langsung di 192 TPS, 18 kelurahan, dan 3 kecamatan. Sementara itu, 386 personel lainnya disiapkan sebagai cadangan dan akan dikerahkan apabila diperlukan,” ujar mas Pj sapaan akrab dari Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro pada Senin (9/9).

Mas Pj juga mengatakan bahwa kesiapsiagaan Satlinmas merupakan bagian dari komitmen Pemkot Mojokerto dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses Pilkada berlangsung.

“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Kota Mojokerto bisa menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman. Satlinmas akan kami tempatkan di berbagai titik strategis untuk menjaga keamanan dan ketertiban, mereka akan melekat dengan petugas TNI/Polri selama tahapan Pilkada berlangsung,” terangnya.

Baca Juga : Tahapan Pilkada Masuki Pendaftaran KPPS, Mas Pj Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu Kada

Dalam waktu dekat, Pemkot Mojokerto melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan mengumpulkan Satlinmas untuk dilakukan pembekalan.

Kepala Satpol PP Kota Mojokerto, Modjari mengatakan saat pencoblosan 27 November nanti, ratusan personel Satlinmas akan disebar ke 192 TPS se-Kota Mojokerto. Namun terkait komposisi, Modjari menyebut juga akan melakukan penyegaran. 

Baca Juga : Mas Pj Ajak Masyarakat Teladani Sifat Rasulullah dalam Kehidupan Sehari-hari, Momen Peringati Maulid Nabi 

“Nanti akan kita kumpulkan untuk penyegaran dan kita bagi tugas. Karena by name dan by addres-nya di masing-maisng TPS itu harus jelas siapa yang akan back up nanti,’’ tegasnya.

Modjari juga menyampaikan, ratusan personel Satlinmas Kota Mojokerto tersebut juga telah tercover BPJS Ketenagakerjaan. Langkah ini diambil untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan anggota Satlinmas selama menjalankan tugas pengamanan Pilkada di wilayah Kota Mojokerto. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper