Plt Bupati Sidoarjo Subandi Raih Penghargaan Kepala Daerah Award 2024

Plt Bupati Sidoarjo saat menerima penghargaanpenghargasn sebagai Kepala Daerah Award 2024 smdari MenPAN RB Abdullah Zwar Anas
Plt Bupati Sidoarjo saat menerima penghargaanpenghargasn sebagai Kepala Daerah Award 2024 smdari MenPAN RB Abdullah Zwar Anas
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Kabupaten Sidoarjo menerima penghargaan kepala daerah award untuk kategori Inovasi Layanan Publik yang mudah, cepat, serta bebas dari pungli dan korupsi. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB Azwar Anas dalam acara penyerahan penghargaan Pimpinan Daerah Award 2024 di Jakarta, Kamis (8/8).

"Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami sangat berterima kasih atas penghargaan ini dan akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kami untuk masyarakat Kabupaten Sidoarjo," ujar Plt Bupati Sidoarjo, Subandi S.H., M.Kn usai menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan yang diraih Kabupaten Sidoarjo tersebut berkat pelayanan kemasyarakatan. Subandi mengatakan Sidoarjo terus bertransformasi menjadi kabupaten yang lebih maju dan melayani. Berkat inovasi digital yang digalakkan, berbagai sektor mengalami peningkatan signifikan. 

“Evaluasi kinerja langsung oleh Kementerian PAN RB ini nanti bisa menjadi pemicu utama perubahan," ujar Subandi.

Dengan sistem yang berbasis elektronik, pelayanan publik menjadi lebih cepat, transparan, dan akuntabel. Dampaknya pun terasa langsung pada masyarakat, mulai dari kemudahan dalam mengurus berbagai perizinan hingga peningkatan investasi.

Lebih lanjut Subandi menjelaskan, data dari BPS Sidoarjo, presentase penduduk Miskin di Kabupaten Sidoarjo, tahun lalu 5 persen, di tahun 2024 semeser 1 turun menjadi 4,53 Persen. Program bantuan pangan dari pusat dalam rangka menekan inflasi, juga pihaknya monitoring langsung, termasuk pelaksanaan UHC.  

Baca Juga : Program RTLH Berlanjut, Plt. Bupati Sidak di Wilayah Desa Watugolong Krian

“Semua program terkait layanan kemasyarakatan, baik itu program pemda maupun program dari pusat, Insyaallah sudah kita laksanakan dengan baik. Kita juga turun langsung memonitor,” jelas Subandi 

Harry Tanoesoedibjo menjelaskan bahwa Pimpinan Daerah Award 2024 ini tidak hanya merupakan ajang penghargaan dan apresiasi bagi kepala daerah saja, tapi juga pimpinan daerah lainnya, termasuk TNI dan Polri.

Baca Juga : Pesan Presiden Jokowi Kepada Plt Bupati Subandi: Siapkan Pembangunan Flyover Gedangan Pada 2025

"Award ini memiliki dua tujuan, pertama apresiasi bagi kepala daerah atas inovasi dan perkembangan daerahnya, kedua memberi contoh kepada daerah lain agar termotivasi untuk lebih maju lagi," jelasnya. 

Selain Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo juga menerima penghargaan untuk inovasi digital pelayanan publik bidang hukum. 

Dengan penghargaan ini, Kabupaten Sidoarjo dan Polresta Sidoarjo diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendorong kemajuan birokrasi. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper