Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto Terima Penghargaan UHC Award 2024

Pj Bupati Bokonegoto, Adriyanto terima UHC Award 2024. (Ist)
Pj Bupati Bokonegoto, Adriyanto terima UHC Award 2024. (Ist)
b-news.id leaderboard

BOJONEGORO | B-news.id - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro kembali menerima Penghargaan Sebagai Pemerintah Daerah dengan Kategori Utama dalam Pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2024 atau Jaminan Kesehatan Semesta.

Penggargaan ini sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi masyarakat.

Perhelatan Penghargaan UHC Awards 2024 ini juga menandai pencapaian Pemkab Bojonegoro dalam menyediakan jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi warganya melalui Program JKN-KIS, yang telah berlangsung mulai sejak tahun 2020 lalu.

Penghargaan tersebut di berikan kepada 33 Gubernur, dan 460 Bupati / Wali Kota Se Indonesia yang di serahkan oleh Direktur Utama BPJS RI serta Presiden ISSA dan di terima langsung oleh PJ Bupati Bojonegoro Adriyanto, Kamis (08/08/2024) di Krakatau Grand Ballroom TMII Jakarta Timur, dengan tema ” Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia”.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti menjelaskan bahwa per 1 Agustus 2024 jumlah peserta JKN telah mencapai 276.520.647 jiwa, atau setara dengan 98,19 persen dari total penduduk Indonesia.

Baca Juga : Satpol PP Bojonegoro dan Orari Teken Kerjasama, Sinergitas untuk Tingkatkan Kinerja 

Angka ini mencerminkan komitmen kuat negara dalam memastikan akses kesehatan bagi seluruh warga. “Predikat UHC Ini adalah bukti bahwa cakupan akses kesehatan di Indonesia sudah semakin luas. Pencapaian UHC ini bukan sekadar angka statistik, tetapi merupakan wujud nyata dari tanggung jawab negara dalam memastikan setiap individu mendapatkan layanan kesehatan yang layak.

Hal ini juga sejalan dengan pemenuhan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 untuk kepesertaan JKN sebesar 98 persen,” ucap Ghufron.

Baca Juga : Pj Bupati Bojonegoro Sampaikan Raperda P-APBD 2024 di Rapat Paripurna DPRD

Usai acara Di dampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BPJS Kesehatan Bojonegoro, PJ Bupati Adriyanto menyampaikan bahwa Penerimaan Penghargaan ini sebagai salah satu kabupaten yang sudah memenuhi komitmen memberikan UHC kepada semua warga yang berada di Bojonegoro,

“semoga dengan komitmen kita selama ini dapat terus membangun masyarakat Bojonegoro yang sehat kuat dan sejahtera,” tandas Adriyanto.(za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper