Abah Usman Dorong Pelaku UMKM Sidoarjo Naik Kelas

Ketua DPRD Sidoarjo, Abah Usman menjadi narasumber pelatihan UMKM di Hotel Surya Prigen. (Ist)
Ketua DPRD Sidoarjo, Abah Usman menjadi narasumber pelatihan UMKM di Hotel Surya Prigen. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Usman M.Kes, untuk kesekian kalinya hadir di tengah-tengah kalangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kali ini dia tampil sebagai narasumber kegiatan Pelatihan Pemasaran Produk Secara Online Kec. Waru yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Sidoarjo.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari,--pada hari pertama diikuti sekitar 100 pengusaha UMKM di wilayah Kecamatan Waru, yang dilangsungkan di Surya Hotel & Cottage Prigen, Rabu (3/7) siang. 

Yang cukup menarik, maksud kegiatan ini tidak hanya sebagai langkah pemberdayaan bagi kalangan UMKM agar berdaya saing tinggi, sekaligus harus adaptif dengan perkembangan teknologi digital. 

Lebih dari itu, hadirnya Abah Usman, sapaan pimpinan legislatif yang juga berstatus sebagai bakal calon bupati PKB pada Pilkada Sidoarjo 2024 ini dirasa telah memberikan energi tersendiri bagi para pelaku UMKM untuk terus maju dan berkembang ke depannya. 

Apalagi sosok Abah Usman, sendiri sudah begitu familier bagi mereka. Hampir semua peserta sudah mengenal sebagai orang yang humble dan komunikatif, meski sehari-hari menjabat sebagai orang nomor satu di lembaga legislatif Sidoarjo. 

Sehingga kegiatan pelatihan ini terasa begitu ganyeng, penuh kekeluargaan dengan diwarnai komunikasi timbal balik. Peserta begitu antusias menyimak sekaligus bertanya, yang langsung dijawab oleh Abah Usman dengan bahasa yang mudah dipahami. 

Abah Usman bersama Dinas Koperasi dan UKM Sidoarjo memberikan pelatihan pemasaran secara online kepada pelaku UMKM Sidoarjo fi hotel Surya Prigen. (Ist) 

Baca Juga : Targetkan 1000 UMKM, Pemkot Surabaya dan IKA ITS Siap Dampingi Proses Sertifikasi Halal

Sesekali diselingi joke-joke segar. Suasana pun begitu cair, terutama saat sesi tanya jawab menyangkut kiat - kiat memasarkan produk melalui sistem online sebagai strategis menghadapi persaingan yang begitu kompetitif, seiring perkembangan digital memasuki era globalisasi.

Abah Usman mengatakan, tanpa disadari bahwa seiring perkembangan digiltal dewasa ini telah merubah perilaku rutinitas masyarakat. Termasuk merubah kebiasaan pemasaran secara konvesional (offline), menjadi online, seiring perkembangan platform media digital. 

Karena dengan cara online, terbukti akan mendapatkan kemudahan, dan kecepatan dalam berjualan. “Ini sudah menjadi tuntutan kita semua. Karena dengan cara online akan lebih mudah, cepat tanpa ribet. Dan berpotensi merubah segalanya,” katanya.

Baca Juga : 19 Ribu UMKM Mamin Surabaya Sudah Bersertifikasi Halal

Lebih lanjut, Abah Usman mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan pelatihan ini, karena memang dibutuhkan sebagai langkah pemberdayaan UMKM . “Kami di DPR tentunya tidak ragu menfasilitasi, usulan dan gagasan yang positif sebagai legalitas program kegiatan berkesinambungan untuk kebaikan warga Sidoarjo,”ujarnya.    

Ditambahkan bahwa sistem pemasaran produk melalui online bisa meningkatkan ekonomi kreatif, sekaligus memperluas jaringan pemasaran. Sehingga multy playernya dapat meningkatkan sumber penghasilan. “Ini muara terwujudnya legalitas pemasaran secara online. Di antaranya optimalisasi pemberdayaan ekonomi kerakyatan berbasis kreativitas. Ini juga sebagai upaya perbaikan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap para pelaku UMKM agar terus adaptif dengan perkembangan teknologi digital, yang menempatkan konsumen tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Sehingga menuntut pelaku usaha terus berkreatif ditopang kecerdasan komunikasi dalam promosi kualitas produksi agar diminati komsumen. 

“Ini tentunya harus diimbangi dengan perencanaan dan strategi pemasaran yang bagus. Melalui online tidak hanya mudah dan celat, juga bisa memangkas biaya promosi, dan tentunya berpelung meraup keuntungan lebih baik,” ujarnya. (zainul)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper