Liburan Lebih Seru Belajar Animasi Lewat Program Holiday Creativity 

Sejumlah murid SD di Kota Mojokerto mengikuti   latihan membuat animasi di Telecenter Diskominfo Kota Mojokerto. (ist)
Sejumlah murid SD di Kota Mojokerto mengikuti latihan membuat animasi di Telecenter Diskominfo Kota Mojokerto. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Saat ini memang musim liburan sekolah. Namun tidak berarti libur dan tidak belajar sama sekali. Melalui program Holiday Creativity para siswa sekolah dasar di Kota Mojokerto diperkenalkan cara membuat animasi sederhana bersama Siti Pinter (Sinau Teknologi Informasi Program Telecenter) yang diinisiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menggali kreativitas sejak usia dini juga untuk meningkatkan literasi digital dikalangan anak-anak. 

"Literasi digital itu tidak hanya tahu bagaimana menggunakan tapi bagaimana cara membuat. Dan animasi ini tentu sudah dikenali oleh anak-anak," ujar mas Pj. 

Petugas dengan sabar membimbing anak-anak latihan bikin animasi dalam program Holiday Creativity. (ist)

Dalam Holiday Creativity yang digelar pada 2-3 Juli 2024, 20 siswa kelas 4, 5 dan 6 dari berbagai sekolah dasar di Kota Mojokerto ini mendapatkan materi tentang membuat alur cerita pada hari pertama pertama pelatihan. 

Hari kedua semakin seru dengan praktik secara langsung bagaimana membuat animasi dengan program Canva berdasarkan alur cerita yang telah dibuat sebelumnya. 

Baca Juga : Pemkot Mojokerto Bagikan Seragam Sekolah Gratis Kepada 5.290 Siswa Baru SD - SMP

Seperti yang diceritakan oleh salah satu peserta, Kenzo murid dari SDN Balongsari yang membuat animasi bersama Siti Pinter adalah merupakan pengalaman pertamanya. 

"Ini pertama kali belajar animasi, ada yang agak sulit, juga ada mudah tapi senang," ceritanya. 

Baca Juga : Pj Wali Kota Mojokerto Peletakan Batu Pertama Pembangunan Wihara Buddhayana, Wujud Nyata Toleransi

Lain halnya dengan Java, ia cukup lancar menggunakan fitur dalam program canva seperti menambahkan buble chat yang menceritakan alur cerita maupun menambahkan fitur agar objek dalam gambar bisa bergerak. 

"Dulu sudah pernah belajar bikin animasi di sini juga, tapi sama teman-teman sekolah, jadi sudah agak bisa," kisahnya. 

Program Holiday Creativity ini selain memberikan pelatihan membuat animasi sederhana, juga akan diberikan pelatihan singkat untuk menjadi jurnalis cilik yang rencanakan digelar pekan depan. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper