Kadis Kominfo Jatim Buka GTA Penilaian Kerentanan Keamanan SPBE 2024

Kadiskominfo Jatim Sherlita foto bersama usai membuka Government Transformation Academy (GTA) Penilaian Kerentanan Keamanan Pengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemprov. (Ist)
Kadiskominfo Jatim Sherlita foto bersama usai membuka Government Transformation Academy (GTA) Penilaian Kerentanan Keamanan Pengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemprov. (Ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, (Kadis Kominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin membuka Government Transformation Academy (GTA) Penilaian Kerentanan Keamanan Pengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemprov dan kabupaten/kota 1-4 Juli 2024 di Kantor Diskominfo dan Balai Surabaya BPSDM Kementerian Kominfo.

Dalam sambutanya, Kadis Sherlita menyampaikan, pentingnya peran Sumber Daya Manusia (SDM) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam transformasi pemerintahan yang terpadu dan berkesinambungan.

 "SDM memegang peranan paling penting mewujudkan SPBE yang terintegrasi dengan baik. Kami berharap pengelola SPBE memiliki kepemimpinan dan kompetensi teknis yang memadai sehingga layanan SPBE dapat berjalan dengan optimal," ujarnya, Senin (1/7/2024).

Dia juga menyoroti kompetensi teknis yang diharapkan dimiliki oleh pengelola SPBE, seperti dalam bidang rekayasa proses bisnis pemerintahan, aplikasi, infrastruktur, data dan informasi, serta keamanan informasi. "SDM SPBE diharapkan mampu berpikir kreatif, sistemik, berwawasan global, memiliki etos kerja yang tinggi, dan mampu mengelola perubahan lingkungan dengan baik," tambahnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara positif menerima program GTA yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Program ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kompetensi wajib bagi pengelola SPBE di pemerintah daerah.

Tujuan utama dari program GTA antara lain untuk meningkatkan kompetensi ASN/non-ASN dalam pemanfaatan TIK guna menjalankan tugas organisasi menuju pelayanan prima, serta mempercepat transformasi digital di lingkungan instansi pemerintah untuk memperkuat kelembagaan.

Acara pembukaan ini juga menjadi momentum penting bagi 492 ASN pengelola SPBE di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang terdiri dari 350 PNS dan 142 PPPK.

Baca Juga : Kadiskominfo Jatim Apresiasi Bimtek Penyusunan Formasi Jabatan Prahum

Jabatan-jabatan yang terlibat meliputi berbagai bidang seperti pranata komputer, manggala informatika, sandiman, pranata humas, statistisi, pengelola sistem informasi, pengelola teknologi informasi, pengelola jaringan, analis sistem informasi, pengelola sistem keamanan informasi, analis berita, dan pengelola data.

Kadis Sherlita berharap, para peserta dapat mengambil manfaat maksimal dari pelatihan ini. "Saya berharap peserta memahami materi dari narasumber dan menjadikan pelatihan ini sebagai sarana bertukar pikiran, berkolaborasi, serta memecahkan permasalahan di instansi masing-masing.

Baca Juga : Inilah Upaya Pemkab Bojonegoro untuk Wujudkan Smart City

“Pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini diharapkan dapat disebarluaskan di instansi masing-masing agar manfaatnya semakin besar," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kominfo mengucapkan terima kasih kepada Pusdiklat Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan BPSDMP Kominfo Surabaya yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan kabupaten/kota di Jawa Timur untuk mengikuti pelatihan ini. "Semoga program-program pelatihan seperti ini akan terus berlanjut di masa yang akan datang," tutupnya.

Acara pembukaan Government Transformation Academy ini ditutup dengan harapan bahwa investasi dalam pengembangan SDM SPBE akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam penyediaan pelayanan publik yang efisien dan efektif bagi masyarakat Jawa Timur.

BPSDMP Kominfo Surabaya bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menggelar acara pembukaan Government Transformation Academy (GTA) yang dirancang khusus bagi pengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta kabupaten/kota di wilayah ini. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper