Kanwil DJP Jatim II Gandeng GERKATIN, Edukasi Pajak Berisyarat

Kanwil DJP Jatim II Gandeng GERKATIN, Berikan Edukasi Pajak Berisyarat. (Ist)
Kanwil DJP Jatim II Gandeng GERKATIN, Berikan Edukasi Pajak Berisyarat. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II (Kanwil DJP Jatim II) menggandeng Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Sidoarjo menggelar edukasi perpajakan Pajak Berisyarat dengan tema “Bakti Teman Tuli Membangun Negeri” bertempat di Aula Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Utara, Selasa (26/6/2024).

Hadir pada acara ini para Pejabat dan tim dari Bidang P2Humas Kanwil DJP Jawa Timur II serta para Pejabat KPP Pratama Sidoarjo Utara.

Kepala Seksi Pengawasan IV KPP Pratama Sidoarjo Sumin menjelaskan bahwa DJP sangat berkomitmen akan pentingnya kesetaraan dan aksesibilitas para penyandang disabilitas dalam memperoleh informasi tentang perpajakan, sehingga pelaksanaan edukasi perpajakan yang dilaksanakan ini dapat memberi nilai tambah pengetahuan perpajakan bagi Teman Tuli.

Pajak Berisyarat merupakan agenda rutin kegiatan Kanwil DJP Jawa Timur II setiap tahun dalam memberikan kesetaraan akses informasi perpajakan kepada penyandang disabilitas, sebagai wujud pelaksanaan edukasi perpajakan kepada semua lapisan masyarakat tanpa membedakan orang yang normal dengan yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas, khususnya tuna rungu atau yang biasa disebut Teman Tuli.

Ikut pada kegiatan ini para anggota Teman Tuli dari GERKATIN Sidoarjo yang sangat antusias mengikuti acara sejak pagi sampai dengan acara selesai.

Baca Juga : Kunjungi UPT. Pelayanan Sosial Tresna Werdha di Tulungagung, Pj. Gubernur Jatim Sapa Hangat Antusiasme Lansia

Kegiatan Pajak Berisyarat diawali dengan pemaparan materi dan tanya jawab tentang perpajakan mulai dari daftar, hitung, bayar, dan lapor (DHBL) serta pengetahuan perpajakan secara umum dan mendasar termasuk beda Pajak Pusat dengan Pajak Daerah serta implementasi PSIAP yang disampaikan oleh Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Jatim II Chandra Hadi dan Rhisma Pardosi dari KPP Pratama Sidoarjo Utara.

Program Pajak Berisyarat ini pertama kali dilakukan pada tahun 2021 di Kantor Pusat DJP, mulai tahun ini kegiatan edukasi perpajakan kepada Teman Tuli dikembangkan secara luas dan serentak ke unit vertikal DJP di berbagai daerah termasuk di Kanwil DJP Jatim II, sebagai bentuk persamaan hak dalam mendapatkan edukasi perpajakan bagi para penyandang disabilitas.

Baca Juga : Hadiri Peluncuran Data Regsosek Bappenas, Pj. Gubernur Jatim :  Optimalisasi Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jawa Timur II Karsita yang hadir dalam acara ini dalam sambutan penutup acara sangat berterima kasih kepada para Teman Tuli yang telah antusias mengikuti acara Pajak Berisyarat ini, dan berharap kepada para Teman Tuli memahami tentang hak dan kewajiban perpajakan baik sebagai karyawan maupun sebagai pengusaha.

Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan bahwa perusahaan berkewajiban mempekerjakan para penyandang disabilitas sebanyak 1%, sedangkan untuk BUMN sebanyak 2% dari jumlah karyawannya, sehingga dengan kegiatan ini para Teman Tuli di Sidoarjo khususnya yang bekerja sebagai karyawan paham akan hak dan kewajiban perpajakannya” pungkas Karsita.

Dengan diadakannya kegiatan Edukasi Perpajakan dengan tema “Pajak Berisyarat, Bakti Teman Tuli Membangun Negeri”, Kanwil DJP Jatim II berharap dapat terus menerus memberikan kesetaraan pelayanan dan pemberian informasi perpajakan secara adil tanpa diskriminasi dan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk kepada penyandang disabilitas. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper