Sah, Bupati Blitar Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades Se-Kabupaten Blitar

Bupati Blitar Rini Syarifah foto bersama usai pengukuhan. (Ist)
Bupati Blitar Rini Syarifah foto bersama usai pengukuhan. (Ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN BLITAR | B-news.id – Hari ini Senin 24 Juni 2024, di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN) Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah mengukuhkan dan menyerahkan SK perpanjangan masa jabatan kepala desa se -Kabupaten Blitar.

Sebanyak 218 Kepala Desa se-Kabupaten Blitar, dari jumlah 220 desa yang ada di wilayah Kabupaten Blitar dikukuhkan dan menerima SK perpanjangan jabatan selama 2 (dua) tahun sesuai dengan Undang-undang No.3 tahun 2024 masa jabatan kepala desa yang semula 6 tahun menjadi 8 tahun.

Ada dua desa yang hari ini tidak ikut di perpanjang masa jabatannya karena dua desa tersebut dijabat oleh ASN ( PJ), masing Desa Jambewangi Kec. Selopuro dan Desa Plumbangan Kecamatan Doko.

Mengawali sambutannya, Bupati Rini Syarifah menyampaikan selamat kepada kepada para Kades yang baru saja dikukuhkan untuk perpanjangan masa jabatan sebagai kepala desa.

“Semoga dengan perpanjangan masa jabatan ini menambah semangat pengabdian panjenengan kepada masyarakat di desa masing-masing,” Kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, masa jabatan Kepala Desa diperpanjang dari 6 (enam) tahun menjadi 8 ( delapan) tahun.

Hal ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah untuk memperkuat peran desa dalam pembangunan nasional. Untuk itu, perpanjangan masa jabatan Kepala Desa ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para Kepala Desa untuk melaksanakan program-program pembangunan desa dengan lebih matang dan terarah.

“Saya berpesan bahwa tugas dan tanggung jawab Bapak/Ibu semakin berat. Jabatan ini merupakan amanah yang harus dijalankan dengan penuh dedikasi dan integritas,” pintanya.

Baca Juga : Bupati Blitar Hadiri Tasyakuran Haji Tahun 2024 di Pendopo Sasana Adi Praja

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta kepada para Kepala Desa untuk melaksanakan 5 poin berikut:

1. Meningkatkan kinerja dan profesionalitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya;

2. Membangun komunikasi yang efektif dengan seluruh elemen masyarakat di desa;

Baca Juga : Bupati Blitar Hadiri Upacara Adat Larung Sesaji di Pantai Serang

3. Mengelola keuangan desa dengan transparan dan akuntabel;

4. Menjaga persatuan dan kesatuan di desa;

5. Meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

“Mari kita jadikan desa sebagai pilar utama pembangunan nasional. Dan saya sangat berharap, seluruh desa yang ada di Kabupaten Blitar ini mandiri, berprestasi dan masyarakatnya sejahtera,” harap Bupati Blitar Rini Syarifah. (sun)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper