Plt. Bupati Sidoarjo Siapkan Program Bantuan Dana Bergulir untuk Support UMKM Naik Kelas

Plt Bupati Sidoarjo, Subandi saat menghadiri kegiatan bersama pelaku UMKM. (ist)
Plt Bupati Sidoarjo, Subandi saat menghadiri kegiatan bersama pelaku UMKM. (ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Pelaku UMKM di Sidoarjo terus mendapat support dari Pemkab Sidoarjo. Dari layanan kemudahan perizinan usaha hingga permodalan. Kabar terbaru, Pemkab Sidoarjo menyiapkan dana bergulir dengan bunga lunak. Hanya 0,2 persen per tahun. Program bantuan modal itu dapat diakses para pelaku UMKM Sidoarjo pada tahun 2025.

Plt. Bupati Sidoarjo H. Subandi SH., M,Kn menjelaskan, Pemkab Sidoarjo melalui dinas terkait tengah menyiapkan permodalan usaha bagi ribuan UMKM Sidoarjo. Bentuknya berupa dana bergulir berbunga rendah, hanya 0,2 persen per tahun. Program tersebut akan kita laksanakan tahun depan bekerja sama dengan BPR Delta Artha.

“Program ini penggantinya program Kurma  (Kelompok Usaha Perempuan Mandiri), untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM yang ada di Sidoarjo,” ucap H. Subandi  setelah membuka Sosialisasi Kemudahan Berusaha dan Pelayanan Perizinan untuk UMKM di kantor Kecamatan Porong pada Rabu (19/6).

Plt Bupati Sidoarjo H Subandi bersama pelaku UMKM diajak foto selfi. (Ist) 

Baca Juga : Plt. Bupati Subandi Serahkan Santunan JKM dan Beasiswa Pendidikan Rp. 127.500.000,-

Subandi menambahkan, pelaksanaan program Kurma akan direvisi. Begitu pula dengan program bedah warung.  Telah siapkan kebijakan untuk keberlanjutan dua program tersebut. Para panerima bantuan akan mendapatkan nilai lebih daripada yang sebelumnya didapatkan.

"Program Kurma diganti dengan program dana bergulir berbunga rendah. Penerimanya adalah UMKM yang sudah punya izin usaha. Sedangkan program bedah warung  menggunakan anggaran BKK desa,” jelasnya. 

Baca Juga : Lepas KKN Mahasiswa UNUSIDA, Ini Pesan Plt Bupati Sidoarjo Subandi

Program itu dilaksanakan langsung oleh dinas terkait dan BPR Delta Artha. Begitu juga Bedah Warung yang akan disalurkan langsung oleh pemerintah desa. Tidak ada tim-tim lagi.

Subandi sangat mengharapkan semangat para pelaku UMKM terus ditumbuhkan. Geliat usaha mereka harus terus berjalan. Oleh karena itu, support untuk para pengusaha UMKM harus nyata. Misalnya, perizinan usaha dipermudah. Bantuan permodalan usaha diberikan. (adv/za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper