Pj Ketua PKK Bojonegoro Dorong Pemanfaatan Pekarangan untuk Ketahahan Pangan 

Kunjungan kerja TP PKK Bojonegoro dan peresmian Smart Desa dan Smart Green House di Desa Tikusan, Kecamatan Kapas,(ist)
Kunjungan kerja TP PKK Bojonegoro dan peresmian Smart Desa dan Smart Green House di Desa Tikusan, Kecamatan Kapas,(ist)
b-news.id leaderboard

BOJONEGORO | B-news.id -  Pj Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro Dian Adiyanti Adriyanto menekankan pentingnya pengolahan lahan pekarangan sebagai tambahan sumber pendapatan.

Hal ini disampaikan dalam kunjungan kerja TP PKK Bojonegoro dan peresmian Smart Desa dan Smart Green House di Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, Rabu (12/06/2024).

Dian Adiyanti menuturkan bahwa perlu upaya peningkatan ekonomi keluarga dengan cara pemanfaatan lahan pekarangan. Ini sejalan dengan makna Smart Desa dan Smart Green House.

Apalagi, selama ini Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu kabupaten/kota penyumbang hasil pangan terbesar se- Jawa Timur. Selain itu, di Bojonegoro banyak keanegaraman pangan.

“Tentu ini bisa mendorong masyarakat untuk mengonsumsi bahkan menciptakan menu makanan yang beraneka ragam,” ucapnya.

Lebih lanjut Dian Adiyanti berharap tim pengerak PKK dapat mengedukasi masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan dengan cara mengonsumsi pangan yang ada wilayah masing-masing. Selain itu, kekayaan pangan tersebut menghasilkan aneka olahan.

“Semakin banyak aneka olahan yang diciptakan, maka bisa menjadi sumber pendapatan bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Baca Juga : Sambut Delegasi 8 Negara, Pj Bupati Bojonegoro Berharap B-TIFF Jadi Berkah UMKM

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menekankan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan harus produktif dan dapat digunakan sebagai sumber pendapatan. Karena keberhasilan pengolahan pekarangan sama berartinya dengan ketahanan pangan.

Sementara itu, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menambahkan bahwa Pemkab Bojonegoro mempunyai program Corporate Social Responsibilty (CSR) yang akan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan.

Salah satunya kita akan pilih beberapa sekolah untuk diupgrade perpustakaannya. Karena perpustakaan adalah surga belajar bagi para murid dalam mendapat ilmu dan informasi. Maka perpustakaan harus dibuat semenarik dan selengkap mungkin. 

Baca Juga : Pj. Gubernur Salurkan BLT DBH CHT Bagi Buruh Pabrik Rokok Lintas Wilayah Jatim Tahun 2024

“Selain itu, kita juga akan dukung transportasi para murid yang tinggal jauh dari tempat sekolahnya,” imbuhnya.

Pj Bupati Adriyanto juga mengatakan kunci keberhasilan program pemerintah adalah melalui pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Sebaik apapun kebijakan pemerintah tidak bisa berjalan jika tidak melibatkan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi kepala desa atas program pelayanan yang memudahkan masyarakat. Seperti di Desa Tikusan dalam mendapatkan dokumen kependudukan maupun dokumen yang lain,” pungkasnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut tim PKK Kabupaten Bojonegoro memberikan bantuan sembako bagi Lansia (lanjut usia), bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan menyusui, bantuan bibit sayuran dan bantuan benih ikan nila. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper