Ketua DPRD Kab Blitar Buka Sidang Paripurna Terhadap Penjelasan Bupati Soal Ranperda RPJPD 2025-2045

DPRD Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna agenda penjelasan Bupati terhadap Ranperda RPJPD Tahun 2025-2045. (Ist)
DPRD Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna agenda penjelasan Bupati terhadap Ranperda RPJPD Tahun 2025-2045. (Ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN BLITAR |  B-news.id -  Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto membuka rapat paripurna dengan agenda pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar terhadap penjelasan Bupati Blitar atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Blitar Tahun 2025-2045.

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, dengan didampingi oleh Wakil Ketua Muhammad Rifa’i dan Mujib SN, digelar di Gedung Paripurna DPRD, jl.Kotabaru Kecamatan Kanigoro Kamis 13 Juni 2024.

Turut hadir dalam agenda rapat Paripurna itu diantaranya Bupati Blitar Rini Syarifah, perwakilan Forkopimda, Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Blitar serta sejumlah anggota DPRD Kabupaten Blitar.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto dalam mengawali rapat Paripurna menyampaikan, setelah mengamati daftar hadir dari 50 anggota yang terdiri dari 5 fraksi hadir sebanyak 26 anggota, sehingga sesuai ketentuan peraturan tata tertib pasal 105 ayat 1b kuorum telah terpenuhi maka dengan mengucap "Bismillahirrahmanirrahim, rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar hari ini Kamis, 13 Juni 2024 kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk Umum,"kata Ketua DPRD.

Baca Juga : Bupati Blitar Hadiri Upacara Adat Larung Sesaji di Pantai Serang

"Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, dan semoga rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap penjelasan Bupati Blitar tentang Rancangan peraturan Daerah RPJPD tahun 2024-2045 berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Dikatakan, rapat paripurna kali ini merupakan tahap lanjutan dari rapat paripurna sebelumya pada 12 Juni 2024, dimana Bupati telah menyampaikan penjelasan terhadap Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Baca Juga : DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna RJPD, Raperda BUMDes dan Aset Desa 

"Sesuai pasal 9 ayat (3) huruf a butir 2 dan tata tertib DPRD Kabupaten Blitar, maka tahapan berikutnya adalah Padangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah," jelasnya.

Penyampaian pandangan umum Fraksi-fraksi akan dibacakan melalui juru bicaranya masing-masing, sesuai dengan tata tertib yang telah disepakati bersama diawali dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Gerakan Pembangunan Nasional (GPN) Fraksi Golongan Karya Demokrat (Golden) dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan. (dprdkab/sun)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper