Stadion GBT dan G10N Surabaya Jadi Venue Piala AFF U-19

Stadion GBT Siap jadi tuan rumah AFF-U19. (Ist)
Stadion GBT Siap jadi tuan rumah AFF-U19. (Ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id - Kota Surabaya kembali dipercaya sebagai tuan rumah pertandingan sepak bola bergengsi kelas internasional. Di pertengahan tahun 2024 nanti, ASEAN Football Federation Championship atau Piala AFF U-19 bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 Nopember (G10N). 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menyambut Piala AFF U-19 pada 17-29 Juli 2024. “Ada dua stadion yang akan digunakan, Stadion GBT dan Stadion G10N. Karena itu kita akan segera memperbaiki Stadion G10N, untuk melakukan pengecatan sekaligus tempat duduknya, karena ada beton-beton yang harus kita lapisi kembali,” kata Wali Kota Eri, Minggu (12/5/2024). 

Wali Kota Eri bersyukur, Surabaya dipercaya kembali oleh sebagai tuan rumah pertandingan olahraga bertaraf internasional pada tahun ini. Maka dari itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam laga Piala AFF U-19 nanti. 

Tidak hanya menjadi tuan rumah pertandingan Piala AFF U-19 saja, Surabaya juga dipercaya sebagai tuan rumah pertandingan voli Proliga 2024. Rencananya, pertandingan tersebut akan digelar di GOR Stadion GBT pada 4-7 Juli 2024. Bahkan, perhelatan olahraga mahasiswa se-ASEAN atau ASEAN University Games (AUG) ke-XXI 2024 juga bakal digelar di Surabaya.

“Alhamdulilah Surabaya semakin banyak dipercaya oleh semua pihak, karena apa? setiap ada pertandingan di Surabaya selalu penuh (penonton), ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota olahraga. Juga ada event internasional untuk mahasiswa tingkat ASEAN di Surabaya, nah tuan rumahnya adalah UNESA,” ungkapnya. 

Wali Kota Surabaya yang akrab disapa Cak Eri Cahyadi itu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga masyarakat di Kota Pahlawan. Menurutnya, tanpa ada rasa guyub rukun dan toleransi masyarakat Surabaya tidak akan bisa dan dipercaya sebagai tuan rumah pertandingan olahraga bertaraf internasional. 

“Saya matur nuwun kepada warga Surabaya, karena tanpa ada rasa kekeluargaan dan toleransi yang tinggi maka kita bisa dipercaya baik nasional maupun internasional untuk digelar di Surabaya,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah mengatakan, secara keseluruhan stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala AFF U-19 siap untuk digunakan. Hanya saja, perlu dilakukan beberapa perbaikan minor, seperti pengecatan dan pelapisan beton bangunan. 

“Yang di Tambaksari (Gelora G10N) hanya butuh pengecatan saja, kalau yang di Stadion GBT ready semua,” kata Hidayat. 

Selain menyiapkan venue, pemkot melalui Disbudporapar Surabaya juga menyiapkan lapangan latihan, seperti Lapangan Thor Gelora Pancasila, dan lapangan A, B, dan C di Stadion GBT. “Artinya kita sudah siapkan semua, nanti kan juga ada voli Proliga. Rencananya digelar di GOR GBT,” pungkasnya. (luk)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper