Bupati Blitar Rini Syarifah Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas di Aloon-Aloon Kanigoro.

Bupati Blitar bersama Forkopimda meninjau dan meresmikan Expo Merdeka Belajar. (Ist)
Bupati Blitar bersama Forkopimda meninjau dan meresmikan Expo Merdeka Belajar. (Ist)
b-news.id leaderboard

BLITAR | B-news.id - Dengan mengusung tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar" Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Aloon-Aloon Kanigoro Kamis 2 Mei 2024.

Upacara ini di pimpin langsung oleh Bupati Blitar Hj Rini Syarifah dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Adi Andaka, Anggota Forkompinda, Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Blitar, Camat, Lurah, guru pengajar, perwakilan siswa siswi SMP/SMA, dan para undangan.

Dalam sambutannya Bupati Blitar selaku Inspektur upacara mengatakan, bahwa selama menjabat sebagai Bupati Blitar bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Semua yang diupayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan.

"Terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan," ungkap Bupati Blitar Rini Syarifah.

Bupati Blitar Rini Syarifah pimpin upacara Hardiknas. (Ist) 

Dikatakan oleh Bupati, bahwa saat ini pemerintah pusat menargetkan tahun 2024 angka stunting anak turun menjadi 14 persen secara nasional. Untuk itu, koordinasi dan sinergitas seluruh jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu ditingkatkan dalam mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya menekan angka stunting di wilayah masing- masing, antara lain dukungan arah kebijakan dan anggaran untuk perbaikan pola asuh dan lingkungan serta penanganan kurang gizi.

Seusai pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendikan Nasional, Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Adi Andaka bersama Forkopimda meninjau stand pameran sekaligus membuka "Expo Merdeka Belajar" hasil kreasi para peserta didik yang berada di kompleks aloon- aloon Kanigoro. 

 Sebagai puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Blitar akan digelar pentas wayang kulit semalam suntuk pada malam hari ini.

Catatan Sejarah :

Sejarah singkat lahirnya Hardiknas tak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara, pelopor pendidikan Indonesia. Dipilihnya tanggal 2 Mei sebagai hari istimewa ini, bertepatan dengan hari lahirnya Ki Hadjar Dewantara yang nama aslinya Raden Mas Soewardi Soerjaningrat pada 2 Mei 1889.

Jasa-jasanya yang gemilang dalam memajukan pendidikan di Indonesia menghantarkan beliau pada gelar terhormat"Bapak Pendidikan Nasional". Dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia, Ki Hadjar Dewantara mempraktekkan semboyan "_*Ing Ngarso Sun Tulodho, Ing Madyo Mangunkarso, Tut Wuri Handayani*_".

Dirgahayu Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 dengan mengusung tema" _* Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar*_" pendidikan di Indonesia semakin maju dan merdeka. (kmfkab/sun)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper