BPBD Jatim Bantu Logistik dan Evakuasi Warga Terdampak Banjir Waru

BPBD Jatim bantu korban banjir Waru. Tampak mobil BPBD Jatim siaga evakuasi korban banjir. (Ist)
BPBD Jatim bantu korban banjir Waru. Tampak mobil BPBD Jatim siaga evakuasi korban banjir. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - BPBD Jatim membantu menyiapkan logistik dan bantu warga terdamapk banjir Waru pada Selasa malam (6/2/2024.)

Tak hanya itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali juga menginstruksikan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Dwijo Prawito bersama Camat Waru, Nawari bergerak cepat memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Waru.

Bupati Gus Muhdlor memastikan bantuan berupa logistik makanan, minuman, dan selimut diberikan pada Selasa (6/2/2024) dini hari di dua titik tempat pengungsian yaitu di Gedung Serbaguna Bungurasih dan Masjid Al-Ikhlas Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo. 

“Saya instruksikan BPBD siaga 24 jam bantu warga di wilayah Waru yang terdampak banjir. Kami pastikan bantuan berupa logistik yang bersifat urgent malam itu juga didistribusikan,” ujar Gus Muhdlor.

Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito mengatakan aksi cepat ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Sidoarjo terhadap masyarakat khususnya Kecamatan Waru yang terdampak banjir. 

"Kami memahami betapa sulitnya situasi yang dihadapi oleh warga Waru saat ini. Oleh karena itu, BPBD berkomitmen untuk memberikan bantuan secepat mungkin agar warga dapat mengatasi dampak banjir ini," kata Dwijo yang memantau di lokasi banjir Waru hingga dini hari pukul 01.00 Wib.

Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo saat tinjau banjir Waru. (Ist) 

Dwijo juga menyampaikan pihaknya selain menyalurkan bantuan logistik juga menyiapkan tempat untuk mengevakuasi sejumlah warga yang rumahnya kebanjiran. Peralatan pun disiagakan seperti perahu karet, gedung evakuasi serta logistik berupa dapur darurat.

“Beberapa warga kita evakuasi karena khawatir terjadi apa-apa, seperti lansia, anak-anak kita pindahkan ke tempat yang aman. Kami bersama BPBD Jatim juga membuka dapur darurat di sekitar area yang terdampak banjir,” ujar Dwijo.

Sementara itu, Camat Waru, Nawari menyatakan apresiasinya terhadap respon cepat BPBD Kabupaten Sidoarjo.

"Kerjasama yang baik antara BPBD dan pemerintah kecamatan sangat membantu dalam penanganan darurat ini. Semoga bantuan ini dapat memberikan sedikit kelegaan bagi warga Waru yang terdampak," ujarnya.

Pihak BPBD juga terus memantau perkembangan situasi dan siap memberikan bantuan tambahan jika diperlukan. Warga diimbau untuk tetap waspada dan berkoordinasi dengan petugas terkait.

Untuk diketahui, empat titik yang banjir selama musim hujan kali ini yaitu Waru, Tanggulangin, Porong, dan Berbek. Genangan tertinggi terpantau terjadi di wilayah Waru. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper