Dibalik Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Banyuwangi

Tiba di Bandara Internasional Blimbingsari Banyuwangi, Jokowi di sambut Gubernur Jatim Khofifah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan sejumlah pimpinan tinggi TNI Polri, Rabu (27/12/2023) pagi. (Ist)
Tiba di Bandara Internasional Blimbingsari Banyuwangi, Jokowi di sambut Gubernur Jatim Khofifah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan sejumlah pimpinan tinggi TNI Polri, Rabu (27/12/2023) pagi. (Ist)
b-news.id leaderboard

BANYUWANGI | B-news.id - Sejumlah 2.757 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan guna mengamankan kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo di Kabupaten Banyuwangi, yang dijadwalkan akan tiba pada Rabu pagi (27/12/2023) melalui Bandara Internasional Banyuwangi.

Bahkan sejak Selasa pagi (26/12/2023) sejumlah kendaraan taktis (Rantis) TNI AD nampak telah disiagakan tak jauh dari titik lokasi kegiatan kunjungan orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Seperti telah dijadwalkan, Presiden RI beserta ibu negara, Hj. Iriana Joko Widodo dan rombongan sedianya akan bertemu dan berdialog dengan masyarakat penerima program TORA di Lapangan Maron Kecamatan Genteng.

Guna memastikan kesiapan satuan tugas pengaman (Satgaspam) VVIP, maka dilakukan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya (BDJ) Malang, Kolonel Inf Jamaludin, SH.

Danrem 083/BDJ, Jamaludin dalam amanatnya menyampaikan, apel gelar pasukan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesiapan Satgaspam VVIP, baik itu personel, materiil, maupun sarana prasarana pendukung lainnya.

"Melaksanakan tugas pengamanan VVIP itu harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga nantinya dapat berjalan dengan lancar dan aman," ujar Kolonel Inf Jamaludin.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan Desa Stail, Kecamatan Genteng itu juga melibatkan berbagai unsur, mulai dari Satpol PP dan regu pemadam kebakaran, sebagai bagian dari langkah preventif untuk memastikan keamanan dan kelancaran kunjungan Presiden.

Puluhan kendaraan taktis TNI AD telah disiagakan sejak Selasa dini hari (26/12/2023) di sekitar lokasi kunjungan Presiden Ir. Joko Widodo. (foto/irawan) 

Usai apel gelar pasukan, Satgaspam VVIP langsung menempati sejumlah titik pengamanan, mulai dari lokasi kunjungan hingga sepanjang rute yang akan dilalui oleh Presiden RI beserta rombongan.

Sementara Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol. Deddy Foury Millewa, pada B-News.id mengatakan, tak kurang dari 604 personel kepolisian dari Polresta Banyuwangi dikerahkan untuk melakukan pengamanan perlintasan dan pengamanan ring 3 lokasi kunjungan.

"Kita lakukan pengamanan secara maksimal sesuai kewenangan yang kita miliki, kita berfokus pada pengamanan perlintasan dan ring 3 lokasi yang akan dikunjungi bapak Presiden beserta rombongan," terang Kombespol Deddy.

Usai berdialog dengan sekitar 15 ribu warga masyarakat penerima manfaat program Tanah Obyek Reformasi Agraria atau TORA, Jokowi bergeser ke Kantor Pos Genteng, guna memantau langsung penyaluran BLT El Nino 2023.

Dari Kantor Pos Genteng rombongan Presiden RI selanjutnya bergeser menuju Pasar Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, sebelum akhirnya bertolak menuju Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Presiden Jokowi di dampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani langsung blusukan ke dalam pasar, meski dengan pengawalan ketat Paspampres dan Satgaspam VVIP.  (irawan)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper