Penulis : Devina Lintang Pratiwi Mahasiswa Brawijaya

Fenomena Bulan Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2023

Selasa : 19 Desember 2023 : 20:33:12 Editor: Zainul Arifin
Fenomena Bulan Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2023

Devina Lintang Pratiwi, Mahasiswa Universitas Brawijaya. (dok)

B-news.idBULAN   adalah objek langit yang sangat memikat pandangan serta perhatian manusia. Pada tahun 2023 ada beberapa fenomena yang terjadi pada bulan ketika di langit malam. Hal ini memberikan tambahan keindahan pada angit malam yang gelap dengan tambahan bulan yang bercahaya disertakan dengan fenomena fenomena yang lain.

Hal ini juga menambah kepuasan untuk seseorang yang memiiki ketertarikan pada langit atau bisa disebut sebagai “Selenophile. 

“Selenophlie” adalah sebuah sebutan untuk para pecinta bulan, biasanya mereka adalah orang orang yang merasa sangat nyaman ketika melihat berbagai macam bentuk bulan, entah itu sabit, purnama dan masih banyak lainnya.

Berikut Adalah Beberapa Fenomena di Tahun 2023 : 

Supermoon Trifecta 

Sebuah fenomena yang terjadi pada 30-31 Agustus 2023, ada beberapa versi bulan yang ditampilkan dari bulan ini diantaranya adalah bulan purnama, bulan -bulan super dan bulan biru. 

Fenomena ini pastinya akan menghipnotis mata mata para pecinta bulan fenomena ini terjadi ketika bulan terletak di titik paling dekat dengan bumi, jadi bulan terlihat lebih besar, bulat dan terang dari hari- hari normalnya.

Pada tahun ini sepertinya yang sudah disebutkan tadi bahwa kita akan diberikan tampilan bulan supermoon dengan tiga tampilan yang berbeda. 

Gerhana Bulan Sebagian

Fenomena ini terjadi pada akhir Oktober yakni tanggal 29 Oktober 2023 yang berlangsung di Indonesia, fenomena ini terjadi pada pukul 03.14 WIB dini hari puncak fenomena gerhana ini terjadi pada pukul 3.14 WIB. Fenomena ini terjadi karena posisi bumi berada pada tengah- tengah antara matahari dan bulan. Oleh karena itu, bulan memunculkan bayangannya ke arah bumi, hal tersebut menimbulkan efek elusif karena bulan berubah warna menjadi merah ke oranye. 

Fenomena gerhana ini adalah sebuah salah satu fenomena yang luar biasa pada waktu itu. 

Hujan Meteor

Fenomena ini terjadi pada 4 sampai 7 Desember 2023 yang dimana puncak dari hujan meteor ini terjadi pada tanggal 14-15 Desember pada pukul 20.05 WIB sampai matahari terbit. Fenomena ini dapat terjadi karena posisi bumi yang melintas pada pijakan debu dan partikel di luar angkasa yang bermula dari komet ataupun asteroid yang sudah rapuh dan terpecah menjadi beberapa bagian, dikarenakan bulan nantinya akan mencerminkan cahaya matahari dengan sedikit kencang yang nantinya meteor akan turun ke bumi dengan cara menyebar seperti hujan dan akan memberikan kesan visual yang sangat indah 

Ini adalah sebuah bukti fenomena bulan pada tahun 2023 pada tiap tiap tanggal dan bulannya, perbedaan setiap tanggal dan bulan menunjukkan perbedaan jenis jenis bulan ang akan muncul ke permukaan bumi 

Itu adalah beberapa hal tentang fenomena yang terjadi pada 2023 ini, yang mana ini banyak mencuri perhatian mereka yang menyukai bulan, para pecinta bulan dan hal hal yang bersifat astronomi akan selalu mengamati kejadian kejadian yang terjadi di masing masing fenomena nya. Bermula dari supermoon yang keindahannya luar biasa hingga gerhana dan hujan meteor yang juga tidak kalah mendramatisir.

Penulis adalah Devina Lintang Pratiwi, Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang.