Parah, Warga Banyuwangi Berinisial GES Sebar Hoax MenPAN RB Doyan Selingkuhi Istri Orang

Gus Edi Suprapto alias GES melalui akun Tik Tok @gusedi111 pada Jum'at (08/12/2023) berbicara terkait perselingkuhan MenPAN RB, Abdullah Azwar Anas. (Ist)
Gus Edi Suprapto alias GES melalui akun Tik Tok @gusedi111 pada Jum'at (08/12/2023) berbicara terkait perselingkuhan MenPAN RB, Abdullah Azwar Anas. (Ist)
b-news.id leaderboard

BANYUWANGI | B-news.id - Gus Edi Suprapto alias GES warga Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi tengah menjadi sorotan masyarakat dan sejumlah awak media atas sejumlah video kontroversial yang menjadi viral dipelbagai media sosial.

Pasalnya, GES beberapa kali dalam unggahannya mengungkapkan terkait adanya dugaan proyek-proyek fiktif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi yang mencatut nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi, Ir H. Mujiono, M Si.

Bahkan, dalam narasinya GES berulang kali menyebut Sekda Banyuwangi adalah tukang selingkuhi istri orang, bahkan dirinya sempat mengaku memiliki bukti-bukti guna memperkuat atas tuduhannya terhadap Sekda Mujiono.

Sontak pernyataan yang perlu dipertanyakan kadar kebenarannya itu menuai reaksi beragam di masyarakat, khususnya kalangan aktivis Banyuwangi, terlebih mengundang rasa penasaran awak media untuk mengungkap kebenaran informasi tersebut.

Kendati ulah GES melalui statement dalam narasi video unggahannya mengarah pada mencemarkan nama seorang pejabat sentral di lingkungan Pemkab Banyuwangi dan sempat memicu kegaduhan di masyarakat, namun tak menuai reaksi dari Pemkab.

Merasa aman dengan aksi sebelumnya, GES kembali mengulang aksinya, tak tanggung-tanggung, kini suami Bupati Banyuwangi pun ditudingnya sebagai suami doyan selingkuhi istri orang.

Hasil penelusuran B-news.id, tuduhan terhadap mantan Bupati Banyuwangi dua periode 2010 - 2021 tersebut beredar melalui video yang diunggah melalui akun Media Sosial (Medsos) TikTok @gusedi111 pada Jum'at (08/12/2023) dan langsung menjadi viral.

Parahnya dalam timeline videonya, GES menyematkan bahwa putra terbaik Bhumi Blambangan yang kini menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB), Abdullah Azwar Anas, doyan selingkuhi istri orang adalah akibat belajar kepada Sekda Mujiono.

"Jangan - jangan Men-PAN RB, Abdullah Azwar Anas, suka selingkuhi istri orang belajarnya ke Mujiono Sekda," tulis GES pada timeline videonya itu.

Jurnalis B-news.id melalui pesan WhatsApp mencoba mengkonfirmasi apakah informasi yang diunggah oleh GES tersebut dapat diartikan secara awam bahwa Men-PAN RB pernah kedapatan melakukan perbuatan perselingkuhan, namun jawaban lumayan cukup membingungkan yang diberikan.

"Anda bisa mengartikan, saran saya lebih baik konfirmasi langsung dengan pak Anas atau istrinya itu lebih pas kan" balasnya GES dan diulang sebanyak 7 kali meski dicecar dengan pertanyaan berbeda guna menggali kebenaran informasi yang diberikan dalam videonya.

Meski berulang kali dipaparkan bahwa untuk keakuratan sebuah pemberitaan seorang Jurnalis harus mengkonfirmasi kepada sumber awal munculnya sebuah informasi, namun tetap jawaban Copy paste yang diberikan oleh GES.

Beragam reaksi dan komentar Netizen pada kolom komentar video yang diunggah oleh GES melalui akun @gusedi111, Jum'at (08/12/2023). (Ist) 

Dilain pihak,Pantauan B-news.id, tak jarang netizen nampak meluapkan kekesalannya, melalui kolom komentar dimana video tersebut diunggah, bahkan beberapa netizen berkomentar negatif atas isi konten video yang dibuat dan di distribusikan oleh GES tersebut.

Salah satu komentar yang menarik justru terungkap melalui WhatsApp Grup (WAG) yang beranggotakan nyaris 300 orang anggota Grup dari kalangan masyarakat, pejabat publik, aktivis LSM maupun awak media Kabupaten Banyuwangi.

"Ini sih bukan seorang aktivis yang mengkritik pejabat, tapi seorang aktivis yg kurang jatahnya" ungkap akun 08xx437747xx mengomentari video GES berdurasi 2 menit 47 detik.

"Sangat memalukan Banyuwangi memiliki 1 orang yg seperti ini, rusaknya demokrasi disebabkan oleh orang yg seperti ini" imbuhnya lagi.

Sejurus dengan komentar yang diberikan oleh aktivis dan pengacara muda Banyuwangi, Nanang Selamet, SH, M.Kn, saat wawancara via telepon, mengingat namanya beberapa waktu yang lalu sempat disebut-sebut oleh GES dalam video viral sebelumnya.

"Saya juga tengah menyusun sebuah kajian hukum, semoga dapat menjadikan GES akhirnya sadar bahwa apa yang telah dilakukannya itu dapat menjerumuskan dan mendatangkan malapetaka dirinya sendiri," ungkap Ketua Pergerakan Wartawan Reinkarnasi (PETAKA) Banyuwangi.

Hingga berita ini dirilis, B-news.id dan sejumlah awak media tengah berupaya melakukan investigasi guna mengungkap kebenaran atas informasi perselingkuhan MenPAN RB sebagaimana yang telah diungkapkan oleh GES dalam videonya.

Terlepas dari benar tidaknya informasi yang berulang kali di distribusikan oleh GES melalui akun Tik Tok nya tersebut, kita warga masyarakat Banyuwangi tak dapat memungkiri bahwa Sekda Mujiono, terlebih Men-PAN RB Azwar Anas adalah Putra terbaik Banyuwangi yang hingga hari ini terus berjuang membangun dan memajukan Kabupaten Banyuwangi. (irawan)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper