Peringati Hari Guru Tahun 2023, SDN Sepanjang 2 Sidoarjo Pamer Hasil Karya

Siswa siswi SDN Sepanjang 2 memamerkan hasil karyanya. (Ist)
Siswa siswi SDN Sepanjang 2 memamerkan hasil karyanya. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Suasana di di SDN Sepanjang 2, Kecamatan Taman Sidoarjo, tidak seperti biasanya. Saat itu, begitu riuh ramai dan meriah karena Hari Sabtu 25 November 2023 bertepatan dalam rangka memperingati Hari Guru /Hari PGRI yang ke-78.

Dalam rangka memperingati Hari Guru ini, siswa -siswi SDN Sepanjang 2 Gebyar Panen Karya.

Kepala Sekolah, SDN Sepanjang 2, Urifah, M,MPd, mengatakan, terkait dengan kegiatan Panen Karya P 5 untuk kelas 1,2, 4 dan 5 kebetulan tema kelas 12 tentang Kebhinekaan keragaman budaya yang ada di Indonesia sehingga anak-anak dari kelas 12 itu mengenakan pakaian adat sesuai yang dipilih di kelompoknya.

Ada pakaian adat dari Kalimantan, ada juga dari Sumatera, Madura, Bali dan anak-anak mengenakan pakaian adat itu dengan tariannya dengan makanan khasnya yang dibantu oleh orang tuanya mengenalkan makanan adat itu sebagai tester yang bisa dicoba untuk semua wali murid yang hadir juga anak-anak.

Kegiatan lain adalah  pentas seni menyuguhkan tarian dan nyanyian dengan disertai pakaian adat.

Selain itu, gebyar Panen Karya juga terjait kewirausahaan, yaitu menanam sayuran secara hidroponik, yaitu menanam sayuran sawi, dan lain lain, hasil dari tanamannya bisa dibuat minuman, juga puding.

Sedangkan untuk siswa kelas 5 menyuguhkan tema 'aku sang pedagang dan pengusaha'. Para siswa yang sudah berhasil mengolah atau membuat jamu tradisional bikin selogan "Aku Sang Pembuat Jamu" 

Khasiat jamu tradisional membuat badan Seger waras aku sang pembuat jamu seger waras, nah kemarin saya sempat untuk mengamati proses pembuatannya mulai dari bahan yang dipanen, karena itu proses sudah dilakukan mulai dari menanam kunyitnya sampai panen, hasil panen itu dibuat jamu kunyit asam beras kencur dan terakhir, adalah Jamu Temulawak sampai serbuk jadinya itu satu jam setengah selesai semuanya berhasil lancar.

"Saya juga bisa merasakan hasilnya melalui tester yang diberikan anak-anak juga bapak ibu guru juga diberi minuman dari karya mereka. Hasil panen karya juga sempat dijual, " katanya.

Urifah sangat mengapresi kegiatan yang digelar oleh anak didiknya karena bisa menjadi pembelajaran yang sangat penting untuk menumbuhkan kreativitas.

"Kami sangat mengapresiasi seluruh kegiatan panen karya dalam memperingati Hari Guru ini, dan kami sangat mensupport kegiatan tersebut, "pungkas Urifah. (sam)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper