Bunda PAUD Kabupaten Mojoketo Ikfina Terima Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023

Bupati Ikfina, Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Kategori Wiyata Darma Pratama.  (ist)
Bupati Ikfina, Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Kategori Wiyata Darma Pratama. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Ikfina Fahmawati selaku Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim BA, MBA di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada Rabu (8/11). Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, tanggal 7-8 Nopember 2023.

Di hari pertama acara dilaksanakan dengan diskusi dan tanya jawab dengan tema Kolaborasi Kunci Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan bersama Dirjen PDM Irwan Syahril, Psikolog Rose Mini dan Moderator Shanaz Haque.

Irwan Syahril menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bunda PAUD dan pemerintah daerah yang telah turut serta dalam mendukung Gerakan Merdeka Belajar.

"Mari kita lanjutkan gerakan ini, karena sejauh ini sudah memberikan dampak yang sangat besar untuk pendidikan dan mampu menjadi motor untuk perubahan ke arah yang lebih baik bagi masa depan Indonesia," ujar Irwan. "Lebih dari 500 SD yang telah berhasil menerapkan belajar mandiri dengan adanya program Merdeka Belajar," imbuhnya.

Bunda PAUD Nasional ibu Iriana Joko Widodo. (ist)

Sementara Itje Chodidjah Ketua Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) menyampaikan bahwa UNESCO akan terus berupaya dalam memberikan kontribusi yang signifikan untuk perawatan dan pendidikan bagi anak-anak, terutama usia dini. Usia 0-5 tahun merupakan masa emas pertumbuhan, sehingga penting untuk ditanamkan enam kemampuan pondasi anak.

"Disini peran Bunda PAUD sangat penting karena sebagai kunci untuk merubah mindset (cara berfikir) masyarakat dan orang tua dalam penerapan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan," kata Itje.

Sedangkan pada hari kedua yang merupakan puncak acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023. Pengumuman hasil penilaian pelaksanaan program kerja Bunda PAUD yang mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan menuju PAUD berkualitas serta penyerahan penghargaan oleh Bunda PAUD Nasional, ibu Negara Iriana Joko Widodo. 

Dalam kesempatan yang sama Bunda PAUD Nasional, Iriana Joko Widodo melakukan tanya jawab dengan Bunda PAUD dari daerah yang belum mendapatkan penghargaan. Beliau mengajak agar para Bunda PAUD untuk bersama-sama melaksanakan Merdeka Bermain bagi anak-anak PAUD dan SD. 

Mendikburistek RI, Nadiem Anwar Makarim BA. MBA menerangkan bahwa Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 ini merupakan bentuk terima kasih kepada para Bunda PAUD yang telah turut menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

"Kemendikbudristek selama 4 tahun belakangan ini terus mendorong sistem pendidikan secara masif dan holistik untuk merubah proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan," kata Nadiem Anwar Makarim yang akrab disapa Mas Menteri ini.

Setidaknya ada tiga target perubahan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan antara lain; 

1. Satuan pendidikan SD menghilangkan tes Calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD. 

2. Menerapkan masa pengenalan bagi peserta didik baru selama 2 minggu pertama. 

3. Menerapkan pembelajaran yang membangun 6 kemampuan pondasi anak di PAUD dan di SD. "Mari menguatkan sinergi dan kolaborasi kita yang sudah terjalin untuk terus melanjutkan gerakan ini. Bekal 6 kemampuan pondasi anak dapat dijadikan sebagai pembelajar sepanjang hayat bagi mereka," tambah Mas Menteri. 

Sebagai informasi Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto Ikfina Fahmawati menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 Kategori Wiyata Darma Pratama. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper