Borong 10 Gelar Juara, Kafilah Jatim Juara Umum STQH Nasional XXVII

Borong 10 gelar juara, Kafilah Jatim juara umum STQH tingkat Nasional  XVII di Jambi. (Ist)
Borong 10 gelar juara, Kafilah Jatim juara umum STQH tingkat Nasional XVII di Jambi. (Ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id - Kafilah Jawa Timur berhasil menorehkan prestasi sebagai Juara Umum dalam Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadist (STQH) Tingkat Nasional XXVII yang digelar di Jambi pada 29 Oktober – 7 November 2023. 

Kafilah Jatim berhasil menyabet Juara Umum usai memborong 10 gelar juara dengan total nilai 26 poin. Rincian nilai didapat dari Juara 1 pada 3 kategori dengan nilai 15 poin, Juara 2 pada 2 kategori dengan nilai 6 poin, dan Juara 3 pada 5 kategori dengan nilai 5 poin.

Hal ini ditetapkan berdasarkan keputusan Dewan Hakim No. : 04/Kep.DH/STQHN-XXVII/2023 tentang Penetapan Peserta Terbaik I,II,III, Harapan I, II, dan III STQH Nasional XXVII Tahun 2023, tanggal 6 November 2023.

Piala juara umum ini diserahkan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Kepala Biro Kesra Setda Prov. Jatim Imam Hidayat oleh Gubernur Jambi Al Haris, pada acara penutupan STQH Tingkat Nasional ke XXVII di Lapangan Abdurrahman Sayuti Jambi, Senin (6/11) malam.

Atas prestasi ini, Gubernur Khofifah secara khusus mengapresiasi kerja keras dan kegigihan Kafilah Jatim dalam mengharumkan nama Provinsi Jatim di kancah nasional. Menurutnya, capaian prestasi ini akan bisa menjadi penyemangat membumikan Al-Qur'an di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, doa dan harapan kita semua terkabul. Kafilah Jatim sukses menjadi Juara Umum STQH Tingkat Nasional XXVII tahun 2023. Terima kasih atas seluruh kerja keras dan kegigihannya mengharumkan nama Jatim di kancah nasional,” ungkapnya Selasa (7/11).

“Semoga prestasi yang telah terukir ini bisa menjadi penyemangat kita semua untuk meningkatkan pemahaman serta melaksanakan nilai nilai Al Qur’an khususnya di provinsi yang kita cintai, Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga menyampaikan terima kasih kepada para pembina kafilah yang telah mencurahkan daya dan pikirannya untuk membimbing Kafilah Jatim. Ia juga kembali mengingatkan pepatah arab terkenal, “Man Jadda Wa Jadda” yang berarti siapa yang besungguh-sungguh, dialah yang akan meraih kesuksesan.

“ _Man jadda wa jadda_. Hari ini terbukti bahwa kesungguhan Kafilah Jatim dan pembina dalam mempersiapkan diri melalui beragam program terukur menuai hasil sepadan. Seluruh kerja keras kafilah dan pembina terbayar manis,” ujarnya. 

Khofifah menambahkan, raihan ini melengkapi prestasi yang telah ditorehkan Jatim sebelumnya. Dimana, tahun lalu, Kafilah Jatim telah berhasil membawa pulang gelar Juara Umum dalam ajang MTQ Nasional di Banjarmasin.

“Dengan raihan prestasi juara umum STQH Nasional XXVII ini, tentunya akan menambah kebanggaan seluruh masyarakat Jatim. Sehingga, harapannya ini juga akan menjadi referensi seluruh warga bangsa,” tutupnya.

Sebagai informasi, secara rinci Kafilah Jatim berhasil menorehkan prestasi Juara 1 Hafalan 500 Hadist Tanpa Sanad, Juara 1 Tilawah Golongan Anak-anak Putra, dan Juara 1 Hifzhil Qur’an Golongan 20 Juz Putra. Kemudian Juara 2 Hifzhil Qur’an Golongan 30 Juz Putri dan Juara 2 Tilawah Golongan Dewasa Putra.

Serta Juara 3 Tilawah Golongan Anak-anak Putri, Juara 3 Hifzhil Qur’an Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra, Juara 3 Hifzhil Qur’an Golongan 20 Juz Putri, Juara 3 Hifzhil Qur’an Golongan 30 Juz Putra, dan Juara 3 Hifzhil Qur’an Golongan Tafsir Bahasa Arab Putra. 

Sedangkan, rangking 10 besar berturut-turut setelah Jatim pada ajang STQH Nasional XXVII Tahun 2023 ini adalah peringkat kedua DKI Jakarta, peringkat ketiga Sumatera Selatan, peringkat keempat Kepulauan Riau, Jawa Barat, dan Riau.

Selanjutnya peringkat kelima kalsel dan Aceh, peringkat enam Sumatera Utara, peringkat ketujuh Sulawesi Selatan, peringkat kedelapan Sulawesi Tengah, peringkat kesembilan Kep. Bangka Belitung dan Jambi, dan peringkat kesepuluh Sumatera Barat. (zainul)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper