Rakor Dewan Pendidikan, Samakan Visi Untuk Kebijakan Dunia Pendidikan di Kota Mojokerto

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memberikan sambutan dan arahannya pada rakor Dewan Pendidikan Kota Mojokerto. (eko)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memberikan sambutan dan arahannya pada rakor Dewan Pendidikan Kota Mojokerto. (eko)
b-news.id leaderboard

OTA MOJOKERTO | B-news.id - Dewan Pendidikan Kota Mojokerto menggelar rapat koordinasi (rakor) komite sekolah TK/RA, SD/MI serta SMP/MTS se-Kota Mojokerto.

Acara ini berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kota Mojokerto pada Senin (6/11) pagi. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari berkesempatan untuk memberikan sambutan dan arahannya pada rakor tersebut. 

Dalam sambutannya Wali Kota Mojokerto mengatakan bahwa komite sekolah memiliki posisi yang strategis dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Karena komite sekolah setidaknya empat tugas atau fungsi. 

Masih menurut Ning Ita sapaan akrab dari Wali Kota Mojokerto, keempat peran dan fungsi dari komite sekolah antara lain, Pertama, Pemberi pertimbangan, dalam hal ini komite sekolah berperan memberikan masukan, pertimbangan informasi dan remomendasi kepada satuan pendidikan. Kedua, Pendukung yaitu komite sekolah memberkati dukungan baik pemikiran maupun dana atau finansial untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas pendidikan. Ketiga, Pengontrol, komite sekolah memiliki peran yang penting dalam.hal pengawasan untuk meningkatkan sistem.transparansi dan akuntabikitas. Serta yang keempat adalah Mediator atau penghubung antara pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan, sekolah dengan masyarakat atau orang tua/ wali murid.

"Komite sekolah ini mempunyai peran atau fungsi yang sangat strategis, setidaknya ada empat peran komite. Pertama pemberi pertimbangan baik, pendukung baik secara finansial maupun pemikiran, pengontrol atau pengawasan dalam rangka transparansi dan akuntabilitas, mediator antara masyarakat pemakai layanan pendidikan dengan dinas pendidikan melalui satuan pendidikan sebagai penyedia layanan pendidikan," ungkap Ning Ita. 

Wali Kota Mojokerto didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid serta Jajaran pengurus Dewan Pendidikan. (eko)

Selanjutnya Ning Ita menyampaikan bahwa prestasi pendidikan di Kota Mojokerto sudah bagus, namun tidak boleh berpuas diri apalagi hanya sekedar memenuhi target atau menggugurkan kewajiban. 

"Kita memang harus memiliki effort lebih jika ingin berprestasi luar biasa, harus ada pembeda dengan yang lain. Karena sejatinya perbedaan itu ada tinggal bagaimana kita menghadapi tantangan dan tuntutan yang semakin berat. Jawabannya hanya satu yaitu Inovasi, sebagaimana Kota Mojokerto saat ini kita sudah mencatatkan 176 Inovasi di Kementerian Dalam Negeri. Dan pucaknya Kota Mojokerto meraih predikat Kota Terinovatif se-Indonesia dalam ajang Innovative Gouverment Award (IGA) tahun 2023," bebernya.

Pemerintah Kota (Pemkot) telah menyediakan dana melalui BOSda (bantuan operasional siswa daerah) untuk menunjang dan meningkatkan mutu pendidikan di Kota Mojokerto, diharapkan melalui kegiatan ini Dewan Pendidikan Kota Mojokerto bisa memberikan rekomendasi terkait Kebijakan Pemerintah Daerah dibidang Pendidikan.

"Panjenengan komite sekolah mempunyai tugas yang mulia serta merupakan ujung tombak yang ikut menentukan maju tidaknya kualitas pendidikan di Kota Mojokerto, jangan pernah berhenti berbuat baik untuk kemajuan pendidikan di lingkungan satuan pendidikan masing-masing," harapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Kota Mojokerto Didik Mardianto mengatakan bahwa dewan pendidikan tidak ada hubungan hirarki dengan komite sekolah akan tetapi dewan pendidikan memiliki harapan untuk melakukan penguatan komite sekolah yang ada di setiap satuan pendidikan.

"Memang tidak ada hirarki namun menilik peran dan fungsi komite sekolah rasanya perlu kami melakukan penguatan terhadap komite sekolah dan untuk menyamakan visi dalam rangka perumusan kebijakan pemerintah kota Mojokerto dibidang pendidikan. Dan ini termasuk pertemuan kali ketiga dalam setahun terakhir ini," tegas Didik. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper