Mahasiswa FH UMM Sosialisasi Urgensi Pendaftaran Perizinan Usaha Toko Kelontong

Mahasiswa FH UMM melakukan pendampingan kepada pelakunusaha toko kelontong. (Ist)
Mahasiswa FH UMM melakukan pendampingan kepada pelakunusaha toko kelontong. (Ist)
b-news.id leaderboard

MALANG | B-news.id - Pengusaha kecil atau biasa di bilang UMKM sangat rentan terhadap berbagai hal yang menyangkut perijinan, dan kalau ada yang sampai tidak mempunyai ijin sama sekali, bisa kena sanksi.

Demikian disampaikan mahasiswa FH UMM, Mamluatus Sa'adah saat pendampingan bagi toko kelontong, Minggu (5/11). 

"Saat kami melakukan sosialisasi ternyata masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai wajibnya perizinan usaha, hal tersebut disebabkan karena sebagian besar masyarakat belum mendapatkan sosialisasi atau pendampingan terkait pentingnya izin usaha," jelas Sa'adah. 

Empat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (FH UMM), Mamluatus Sa'adah, Erina Nur Islamiyah, Silviyana Woroayu, dan Hafizh Taqiyyudin Akmal, melakukan sosialisasi atau pendampingan terkait urgensi perizinan usaha, Toko Kelontong Masa Kini (Kerabat 1) ini merupakan usaha milik pebisnis, Acmad Zaky yang terletak di Jl. Bungur , Desa Lowokwaru, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Dalam sosialisasinya empat Mahasiswa FH UMM menjelaskan terkait betapa pentingnya pendaftaran perizinan usaha dalam melindungi hak pelaku usaha dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Perizinan Usaha ini merupakan suatu hal yang wajib bagi pelaku usaha, karena merupakan legalitas yang akan diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan usaha/kegiatannya guna melindungi dirinya sebagai pelaku usaha. Sehingga, pelaku usaha dapat menjalankan usahanya secara aman dan nyaman serta tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman lain yang dapat menimpa usaha. 

Selain itu, dalam sosialisasinya ke empat Mahasiswa FH UMM menjelaskan mengenai macam-macam izin usaha, tingkat risiko perizinan usaha. Termasuk manfaat jika mendaftarkan izin usaha, serta risiko jika izin usaha tidak didaftarkan.

Mahasiswa FH UMM berupaya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya langkah ini kepada pemilik usaha Toko Kelontong Masa Kini (Kerabat 1) ini, terkait tata cara dalam melakukan pendaftaran izin usaha. (ali)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper