Gubernur Khofifah Meriahkan Jalan Sehat Bersama Masyarakat Hari Jadi ke 78 Provinsi Jatim di Bakorwil Bojonegoro

Gubernur Khofifah melepas jalan sehat dalam rangka Hari Jadi ke 78 Provinsi Jatim di Bakorwil Bojonegoro. (Ist)
Gubernur Khofifah melepas jalan sehat dalam rangka Hari Jadi ke 78 Provinsi Jatim di Bakorwil Bojonegoro. (Ist)
b-news.id leaderboard

BOJONEGORO | B-news.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatu dengan ribuan masyarakat dalam Jalan Sehat Peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur di Halaman Bakorwil Bojonegoro, Sabtu (4/11) pagi.

Berlangsung semarak dan meriah ribuan masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya antusias berbondong-bondong mengikuti jalan sehat ini. Bahkan, banyak masyarakat yang sudah datang sejak pukul 05.00 WIB. 

Dilepas langsung oleh Gubernur Khofifah didampingi Pj. Bupati Bojonegoro, Kepala Bakorwil Bojonegoro, dan jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim, jalan sehat kali ini diramaikan bazar UMKM, pasar murah sembako, juga pelayanan masyarakat, serta berbagai doorprize menarik.

"Atas nama kita semua, jalan sehat dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim ini bersama-sama kita berangkatkan dengan membaca _Bismillahirrahmanirrahim._ Salam Optimis, Jatim Bangkit!," katanya.

Usai melepas jalan sehat, Gubernur Khofifah bersama Pj. Bupati Bojonegoro, Kepala Bakorwil Bojonegoro, jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim dan Kepala BUMD Pemprov Jatim turut berjalan bersama peserta melewati rute yang disiapkan hingga finish. 

Gubernur melepas keberangkatan jalan sehat di Bakorwil Bojonegoro. (Ist) 

Di tengah perjalanan pun, Gubernur Khofifah tampak dengan ramah menyapa dan meladeni masyarakat yang mengajak swafoto.

Para peserta jalan sehat ini menyusuri rute sejauh 3 km. Start dari Bakorwil Bojonegoro - Jl. Pahlawan - Jl. Mas Tumapel - Jl. Imam Bonjol - Jl. Mastrip - Jl. MH. Tamrin - Jl. Panglima Sudirman - Jl. Trunojoyo - Finish kembali di Bakorwil Bojonegoro.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menegaskan, jalan sehat ini merupakan momentum untuk menyehatkan pikiran, badan, dan juga _seduluran_ di antara seluruh masyarakat Jatim, terutama yang ada di wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro. Dimana, masyarakat yang hadir tidak hanya dari Bojonegoro, tapi juga wilayah sekitarnya seperti Tuban, Lamongan dan Gresik.

"Mudah-mudahan Allah SWT turunkan rizki yang luas untuk kita semua. Mudah-mudahan jalan sehat ini akan jadi penguat masyarakat Bojonegoro makin sejahtera, guyub rukun, keluarga bahagia, seduluran makin kuat, dan Bojonegoro makin barokah," katanya.

"Mudah-mudahan juga panjenengan semua yang ikut jalan sehat ini, sehat badannya, sehat dompetnya," imbuhnya yang langsung diamini seluruh peserta jalan sehat.

Khofifah mengatakan, jalan sehat tak hanya digelar di Bojonegoro, tapi juga dilaksanakan di lima Bakorwil yang ada di Provinsi Jatim. Dimana sebelumnya jalan sehat ini juga telah dilakukan di Bakorwil Pamekasan dan Bakorwil Madiun.

"Dalam rangka Hari Jadi ke-78 ini kami hadir di lima bakorwil untuk melakukan jalan sehat bersama seluruh warga masyarakat. Tentunya hari ini kami juga bersama Pj. Bupati Bojonegoro dan jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim bersama seluruh masyarakat Bojonegoro," katanya.

Bazar UMKM dan Pasar Murah. (Ist)

 Jalan sehat ini juga menjadi bagian dalam mendekatkan layanan kepada masyarakat. Dimana, dalam jalan sehat ini juga disediakan berbagai layanan masyarakat dari berbagai OPD baik yang ada di Pemprov Jatim maupun Pemkab Bojonegoro. Seperti layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan mobil samsat keliling dari UPT Bapenda Jatim yang berada di Bojonegoro.

Kemudian UPT BLK Bojonegoro dari Disnakertrans Provinsi Jatim. Yang membuka pelatihan gratis diantaranya pelatihan mesin produksi, Teknik Refrigerasi/AC, las industri, teknik otomotif, pengolahan hasil pertanian, serta menjahit/bordir.

Ada juga layanan pemeriksaan kesehatan gratis seperti cek tensi, serta cek lab sederhana yakni cek asam urat, kolesterol dan gula darah. Serta ada stand dari Dispendukcapil Bojonegoro yang melayani perekaman KTP, aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) serta cetak KTP.

"Tentunya ini menjadi bagian dari upaya kita terus mendekatkan dan mempermudah layanan publik bagi masyarakat. Jadi selain jalan sehat, masyarakat sekaligus bisa mengakses berbagai layanan publik tersebut," tandasnya.

Tidak hanya stand pelayanan publik, di area jalan sehat ini juga ada Pasar Murah, dan Bazar UMKM. Gubernur Khofifah pun turut meninjau langsung pasar murah dan bazar UMKM yang ada.

Pada operasi pasar murah disediakan kebutuhan pokok yang dijual di bawah HET. Seperti Beras medium dengan harga Rp. 10.200/kg sejumlah 10 ton, Minyakita dengan harga Rp. 13.000/liter sejumlah 1.200 liter, Gula pasir dengan harga Rp. 13.000/kg sejumlah 250kg, dan Telor ayam ras dengan harga Rp. 22.000/kg sejumlah 200 kg.

Secara khusus, Gubernur Khofifah juga membagikan telur 1 kg kepada para ibu hamil dan orangtua yang berbelanja bersama anaknya. Sementara, bagi para lansia yang berusia di atas 55 tahun juga mendapat beras medium gratis sebanyak 5 kg.

Sedangkan pada bazar UMKM dijual berbagai produk seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan, batik, produk eco-print serta berbagai produk oleh-oleh khas Bojonegoro.

Sederet doorprize juga telah disiapkan antara lain Sepeda Motor 2 buah, Sepeda listrik 5 Buah, Lemari Es 3 Buah, Mesin Cuci 3 Buah, Sepeda Angin 18 Buah, TV LED 6 Buah, Kompor Gas 9 Buah, Magicom 6 Buah, Dispenser 13 Buah, Kipas Angin 16 Buah, dan lain-lain.

Sementara itu, Pj. Bupati Bojonegoro Adriyanto menyambut baik kehadiran Gubernur Khofifah di Bojonegoro. Ia berharap agar kegiatan ini menjadi suntikan semangat bagi masyarakat Bojonegoro untuk hidup sehat. 

"Kami hari ini tidak hanya merasa bahagia dan bangga, tapi ini juga momen tak terlupakan bagi kami di Bojonegoro. Semoga bisa memberikan keberkahan dan kesehatan bagi kita semua, semoga kehadiran Bu Gubernur dapat membangun semangat masyarakat Bojonegoro," katanya.

Salah satu peserta jalan sehat yakni Ismawati (46 tahun) asal Kab. Tuban mengatakan bahwa ia sangat senang dan bersemangat mengikuti Jalan Sehat ini. Selain karena banyak doorprize yang disediakan, ia juga ingin melihat dari dekat sosok Gubernur Khofifah.

"Saya tadi berangkat dari Tuban sejak sebelum subuh. Saya semangat karena ada Bu Gubernur juga. Doakan mudah-mudahan saya dapat doorprize," pungkasnya dengan sumringah. (zainul) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper