Peringatan HUT UUPA Ke-64 di Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Banyuwangi Berlangsung Khidmat

Pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih berlangsung Khitmat di pelataran Kantor Pertanahan ATR/BPN Kab. Banyuwangi, Selasa (24/09/2024) pagi. (ist)
Pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih berlangsung Khitmat di pelataran Kantor Pertanahan ATR/BPN Kab. Banyuwangi, Selasa (24/09/2024) pagi. (ist)
b-news.id leaderboard

BANYUWANGI | B-news.id - Bendera Pusaka Sang Merah Putih dikibarkan dalam upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) sekaligus merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Undang-undang No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA) Ke-64 yang berlangsung dengan Khitmat di halaman Kantor Pertanahan (Kantah ATR/BPN) Kabupaten Banyuwangi, pada Selasa (24/09/2024) pagi.

Upacara di ikuti oleh segenap pejabat dan staff Kantor Pertanahan (Kantah ATR/BPN) Kabupaten Banyuwangi dan tamu undangan yang meliputi perwakilan Pengurus daerah Pengda) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Banyuwangi, nampak pula Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana (KADINSOS), Henik Setyorini, AP., M.Si., mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, serta segenap IKAWATI ATR/BPN Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Kantor Pertanahan (Kakan) ATR/BPN Kab. Banyuwangi, Machfoed Effendy, A.Ptnh., tengah sematkan bintang tanda jasa pengabdian bagi Karyawan-Karyawati ATR/BPN dengan masa bakti 30 tahun.(ist)

Dalam sambutan tertulisnya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), M.Sc., M.PA., M.A. yang dibacakan oleh Kepala Kantor Pertanahan (Kakan ATR/BPN) Kab. Banyuwangi, Machfoed Effendy, A.Ptnh, bertindak selaku pembina upacara menyampaikan pencapaian, diantaranya hingga September 2024 ini telah terbit 1.112.879 sertipikat elektronik yang diterbitkan oleh 465 Kantor Pertanahan dari total 486 Kantor Pertanahan di Indonesia.

Baca Juga : Bongkar Mafia Tanah di Bandung, Menteri AHY : Kita Selamatkan Kerugian Negara Lebih dari Rp 3,6 T

"Artinya 95,6% Kantor Pertanahan telah mengimplementasikan layanan sertipikat elektronik yang sejalan dengan sistem pemerintah berbasis elektronik yang mendorong kemudahan layanan publik di Indonesia yang cepat, aman, transparan, dan berkualitas," Ucap Machfoed Effendy.

lebih lanjut Machfoed menyebutkan, Kementerian ATR/BPN memiliki peran yang strategis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Kepastian hukum menjadi nilai penting dalam memberikan landasan bagi masyarakat, bahwa tanah yang mereka kuasai mendapatkan pengakuan hukum dari negara, Implementasinya kita wujudkan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," tuturnya menutup sambutan tertulis dari AHY.

Baca Juga : Kolaborasi dengan MA, Sekjen Kementerian ATR/BPN: Upaya Penyelesaian Masalah Pertanahan dari Hulu ke Hilir

Usai pembacaan sambutan tertulis dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), upacara dirangkai dengan penyematan penghargaan bintang tanda jasa bagi para Karyawan-Karyawati atas pengabdiannya yang memasuki masa bakti selama 30 tahun, juga tanda jasa bagi Karyawan-Karyawati yang telah memasuki purna tugas di Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Banyuwangi.

Sejurus kemudian dilakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan antara Kantah ATR/BPN Kabupaten Banyuwangi dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana, guna bersama-sama berikan layanan inklusif ramah kelompok rentan dan penyandang disabilitas sebelum upacara di tutup dengan doa bersama. (Irawan)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper