Pj Wali Kota Mojokerto Apresiasi Pemenang Lomba Tertib Arsip

Didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan M Imron, mas Pj berfoto bersama dengan para pemenang lomba. (ist)
Didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan M Imron, mas Pj berfoto bersama dengan para pemenang lomba. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro yang juga akrab disapa mas Pj ini menekankan pentingnya merawat arsip di masing-masing perkantoran.

Hal ini ia sampaikan saat memberikan arahan dalam acara pengumuman hasil lomba tertib arsip kategori Kelurahan, Kecamatan serta SMPN tahun 2024 di Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto pada Selasa (20/8) pagi.

“Arsip adalah sebuah peradaban, sebuah sejarah, itu sebagai bukti faktual yang terjadi, oleh karena itu penting untuk merawat, menjaga dan melindungi arsip yang ada di masing-masing perkantoran,” ujar mas Pj. 

Mas Pj juga memberikan selamat dan mengapresiasi kepada para pemenang, diantaranya Kecamatan Prajuritkulon sebagai Juara 1 kategori kecamatan. Sementara kategori kelurahan, juara 1 berhasil diraih oleh Kelurahan Mentikan, Juara 2 Kelurahan Kedundung, dan Juara 3 Kelurahan Gunung gedangan.

Untuk kategori SMP Negeri, Juara 1 berhasil diraih SMPN 8, sementara Juara diraih 2 SMPN 7, dan Juara 3 diraih oleh SMPN 1 Kota Mojokerto.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, saya juga sangat mengapresiasi komitmen para camat, lurah, kepala sekolah yang sangat aware (menyadari) terhadap pentingnya arsip di masing-masing kantor,” tambahnya. 

Baca Juga : Pemkot Mojokerto Gelar Edukasi GenRe, Siapkan Generasi Emas 2045

Mas Pj memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Arsip tingkat Kecamatan, Kelurahan dan SMPN. (ist)

Selanjutnya ia juga berpesan bagi yang belum menang agar terus berkembang, terus belajar, terus melakukan perubahan sehingga keadaan arsip di masing-masing kantor ke depan akan semakin baik, dan mutu kearsipan semakin meningkat.

Baca Juga : Nggowes Hari Santri Pakai Sarung Kota Mojokerto, Berhadiah Umroh

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Mojokerto Muhammad Imron mengatakan bahwa lomba tertib arsip tahun 2024 ini dalam rangka menjalankan pembinaan kearsipan, dimana bersifat pembinaan yang mengedepankan pada pembenahan pengelolaan arsip secara berkelanjutan.

“Jadi pelaksanaan lomba ini bukan ditujukan untuk mencari kesalahan dan kekurangan dalam pengelolaan arsip, namun sebagai sarana perbaikan dan penyempurnaan jika pengelolaan arsip terdapat kekurangan,” papar Imron.

Adapun dalam melakukan penilaian lomba tertib arsip ada 9 penilaian aspek, diantaranya penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penyusunan arsip, sumber daya manusia, sarana dan prasarana kearsipan, Srikandi (sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi), penganggaran kearsipan, dan aspek kebijakan. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper