Beri Penghargaan Pendonor Darah, Plt Bupati Subandi: Donor Darah Itu Penyelamat Sesama

Plt Bupati Sidoarjo Subandi beri penghargaan kepada pendonor darah. (Ist)
Plt Bupati Sidoarjo Subandi beri penghargaan kepada pendonor darah. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Peringatan Hari Donor Darah Sedunia Ke-20 menjadi momentum penting bagi PMI Kabupaten Sidoarjo. Sabtu malam (6/7), digelar gathering untuk mengapresiasi kiprah para relawan, penggerak, maupun pihak--pihak yang berjasa besar bagi kegiatan mulia kemanusiaan ini. 

Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn hadir dalam kegiatan gathering di Cavinton Hotel Yogyakarta tersebut. Subandi dengan bangga memberikan apresiasi kepada para relawan penggerak donor darah serta para pendonor darah dari Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan ini dikemas dalam suasana kekeluargaan, namun tetap  berlangsung khidmat. Subandi menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada para pendonor darah, relawan penggerak donor darah, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam mendukung kegiatan donor darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sidoarjo. 

“Berkat dedikasi dan kepedulian mereka, kebutuhan darah di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya, yang mencapai 51.387 kantong darah pada tahun 2023, dapat terpenuhi 100 persen. Sungguh ini pencapaian yang luar biasa,” ungkap Subandi. 

Untuk itu, peringatan Hari Donor Darah Sedunia setiap tanggal 14 Juni menjadi momen penting dalam meningkatkan kesadaran tentang pemenuhan kebutuhan darah yang aman.  

Misalnya saat pandemi COVID-19, stok darah secara nasional sempat terdampak

Termasuk Kabupaten Sidoarjo. Berkat dedikasi dan kepedulian seluruh pendonor darah, relawan, dan nakes, UTD PMI Kabupaten Sidoarjo melalui masa sulit tersebut dengan baik dan berhasil. 

"Upaya dan kerja keras kita bersama membuahkan hasil. UTD PMI Kabupaten Sidoarjo menerima penghargaan sebagai pemberi pelayanan donor plasma konvalesen terbanyak ke-3 di Indonesia dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK RI),” ungkap Subandi dengan bangga. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, UTD PMI Kabupaten Sidoarjo juga telah mendapatkan sertifikat akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut menunjukkan komitmen UTD PMI Kabupaten Sidoarjo untuk terus bekerja tanpa lelah. Selalu memastikan ketersediaan darah yang aman dan berkualitas bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kerja sama yang kuat antara UTD PMI, pemerintah daerah, organisasi kemanusiaan, dan masyarakat luas menjadi kunci keberhasilan dalam mengatasi berbagai tantangan.  

Baca Juga : Hadiri Pengukuhan PBPD, Ini Pesan Plt Bupati Sidoarjo

"Mari jadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup kita, sebagai wujud nyata dari kepedulian dan solidaritas kita kepada sesama," lanjut Subandi. 

Ketua PMI Kabupaten Sidoarjo Andjar Surjadianto melaporkan bahwa kegiatan gathering ini sebagai bentuk penghargaan untuk para penggerak donor darah di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini di ikuti 54 penggerak donor darah dan pengurus PMI Kabupaten Sidoarjo.

“Yang kita hadirkan di sini 54 dari 130 penggerak donor darah di Kabupaten Sidoarjo. Mereka adalah komunitas yang melaksanakan donor darah minimal 1 kali dalam satu tahun,” jelas Andjar

PMI Kabupaten Sidoarjo, pada tahun 2023, telah menyumbangkan darah melalui UTD PMI sebanyak 44.422 kantong darah.  Melalui kegiatan donor darah terkumpul sebesar 14.342 kantong darah. 

Baca Juga : Plt Bupati Sidoarjo : Isu Pelarangan Ibadah di Kecamatan Tarik Tidak Benar

Dari kegiatan Bus Donor Darah 9.483 kantong darah atau sekitar 21 persen.

Kegiatan mobil Unit Keliling yang dilaksanakan oleh para relawan penggerak donor darah mencapai 20.597 kantong darah atau sekitar 46 persen. Peran penggerak donor darah ini sangat dominan.

Untuk itu pada gathering ini, diserahkan penghargaan kepada Persos HWA IND atas bantuan 100 pack beras @ 5 Kg serta Paguyuban Tulang Rusuk Surabaya atas bantuan berupa 200 liter minyak goreng dan 100 Kg gula pasir.

Penghargaan juga diberikan kepada perusahaan dan paguyuban sebagai penggerak donor darah. Di antaranya, Paguyuban Tulang Rusuk Surabaya mengumpulkan 1.345 kantong darah. PT Jatim Autocamp Indonesia 732 kantong darah. Termasuk, PT Ecco Indonesia, Villa Jasmine, PT Integra Indocabinet, Keluarga Resus Negatif, PT Multi Spunindo Jaya, PT Avia Avian, PT Sekar Bumi, PT Jatim Taman Steel Mfg,  dan PT Siantartop. 

Gathering Penggerak Donor Darah Tahun 2024 ini diharapkan menjadi motivasi bagi lebih banyak orang lagi untuk menjadi pendonor darah. Donor darah adalah tindakan mulia yang dapat menyelamatkan nyawa orang lain. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper