Pemenang Lomba RT, Plt Bupati Sidoarjo : Penghargaan Ini Jadi Motivasi bagi RT Lain untuk Berinovasi

Kades Sumorame Rochmanu manerima penghargaan danri Plt Bupati Sidoarjo, Subandi setelah memenangi lomba RT Se Kabupaten Sidoarjo kategori RT Mandiri Sejahtera. (Ist)
Kades Sumorame Rochmanu manerima penghargaan danri Plt Bupati Sidoarjo, Subandi setelah memenangi lomba RT Se Kabupaten Sidoarjo kategori RT Mandiri Sejahtera. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Gegap gempita Lomba Rukun Tetangga (RT) Se-Kabupaten Sidoarjo mencapai puncaknya pada Sabtu malam (29/6). Sejak diluncurkan (kick-off) Januari 2024.

Lomba ini berhasil melahirkan RT-RT hebat. Mereka dihadiahi ratusan juta rupiah. Plt. Bupati Sidoarjo Subandi bangga kepada semua peserta serta para juara. 

Sebagai pimpinan daerah, Subandi bersyukur Kabupaten Sidoarjo memiliki RT-RT terbaik. Sebab, RT-RT adalah garda terdepan dalam pembangunan suatu wilayah. Partisipasi aktif mereka sangat diharapkan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman. 

”Harapan pemerintah daerah terbukti,” ucap Subandi saat malam penganugerahan (awarding) Lomba RT Se-Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa. 

Subandi menyatakan terima kasih dan apresiasinya kepada semua RT peserta lomba. Mereka telah berperan aktif. Hebat-hebat semua. Masing-masing menunjukkan ide, kemampuan, inovasi, dan kerja sama yang sangat baik. Peran-peran itu sangat dibutuhkan untuk kelanjutan pembangunan Kabupaten Sidoarjo. 

Inovasi, dedikasi, dan komitmen RT-RT di Sidoarjo telah terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup lingkungan masing-masing. Masyarakat terbantu. Kampung semakin baik. Pemkab Sidoarjo sangat perlu memberikan penghargaan. Terutama, bagi RT-RT yang telah bekerja keras ikut membangun Sidoarjo.

”Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi RT-RT lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi. Tetap semangat dalam membangun Sidoarjo,” ungkap Plt Bupati yang mantan kepala desa ini.

Subandi juga mengajak seluruh masyarakat. Mari terus mendukung program-program pemerintah. Tujuannya tidak lain adalah meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga Sidoarjo. Dia berharap seluruh elemen masyarakat bersedia aktif dan meningkat semangatnya untuk Kabupaten Sidoarjo.

”Mari jalin kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat. Ini sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” ajak Subandi yang dikenal suka berdialog langsung dengan warga itu.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat M. Ainur Rahman mengatakan, sejatinya, Lomba RT digeber untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong. 

Budaya gotong royong ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, semakin lama, budaya itu tergerus perkembangan zaman. Padahal, dengan bergotong-royong, sikap saling tolong-menolong, menghargai sesama, dan toleransi, akan menimbulkan kehidupan yang harmonis, guyub, rukun. 

Baca Juga : Ratusan Pelajar dan Santri Ikuti 'Ngaji' Jurnalistik PWI Sidoarjo

”Ayo kita jaga Sidoarjo yang harmonis, guyub, rukun, dengan gotong royong dan saling menolong,” ungkap Ainur Rahman. 

Bagaimana kata juara? Kepala Desa Sumorame Rochmanu, salah satu perwakilan juara pertama kategori RT Mandiri Sejahtera, mengatakan, Lomba RT ini sangat mendukung dan memotivasi RT-RT dan desa agar terus bersemangat dalam pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Lomba ini disambut antusias peserta. 

”Saya bangga atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam Lomba RT ini. Semoga ke depannya Lomba RT tetap ada. Agar kami, masyarakat di lingkungan RT dan desa, benar-benar mempunyai semangat membangun Sidoarjo," ucapnya.

Acara awarding Lomba RT ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, dan perwakilan setiap RT yang berpartisipasi. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun Sidoarjo menjadi daerah yang lebih maju dan sejahtera. (za)

Baca Juga : Plt Bupati Subandi: BPD Sebagai Mitra Pemdes Harus Bisa Menjalin Harmoni dengan Kepala Desa

Inilah RT-RT Juara pertama dalam Tiap Kategori Lomba 

1. Juara Pertama Kategori RT Jimpitan adalah RT 22/RW 10 Desa Pepe, Kecamatan Sedati 

2. Juara Pertama Kategori RT Sehat adalah RT 14/RW 11 Desa Blurukidul, Kecamatan Sidoarjo 

3. Juara Pertama Kategori RT Asri adalah RT 47/RW 09 Desa Larangan, Kecamatan Candi 

4. Juara Pertama Kategori RT Berbudaya adalah RT 07/RW 03 Desa Candipari, Kecamatan Porong 

5. Juara Pertama Kategori RT Mandiri Sejahtera adalah RT 02/RW 11 Desa Sumorame Kecamatan Candi. (*)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper