Sekdakot Gaguk Buka Secara Resmi MTQ dan MQK 2024, Upaya Lahirkan Generasi Qurani

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo membuka secara resmi MTQ dan MQK Kota Mojokerto 2024. (ist)
Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo membuka secara resmi MTQ dan MQK Kota Mojokerto 2024. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqoh Qiraatil Kutub (MQK) tingkat Kota Mojokerto 2024 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Gaguk Tri Prasetyo yang berlangsung di Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat, Jumat (28/6).

Dalam kesempatan yersebut Gaguk Tri Prasetyo yang juga sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Mojokerto ini berharap melalui kegiatan ini akan lahir generasi qurani yang unggul, cerdas dan berakhlakul karimah.

Selain memiliki minat baca terhadap Alquran, namun juga mampu mendalami dan mengamalkan isi kandungan Al Qur'an dalam kehidupan pribadi dan sosial di masyarakat. 

“Memang tidak bisa dipungkiri di era keterbukaan informasi saat ini kita harus bisa mengantisipasi dampak negatifnya, salah satunya adalah dengan membentengi anak-anak kita dengan menanamkan kecintaan terhadap Alquran sejak usia dini,” ujar Gaguk.

Selanjutnya Gaguk juga mengatakan bahwa kegiatan seperti lomba MTQ dan MQK ini penting sebagai salah satu upaya dalam pembangunan mental spritual. Agama merupakan hal yang hakiki dan menjadi pondasi bagi umat dalam menjalani kehidupan.

Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto foto bersama panitia lomba MTQ. (ist)

Baca Juga : DWP dan GOW Turut Sosialisasikan Cegah Perundungan di SLB Pertiwi Kota Mojokerto 

“Kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya kami selaku Pemerintah Kota Mojokerto untuk menanamkan keimanan dan ketaqwaan khususnya bagi anak-anak,” imbuhnya.

Sementara itu dalam laporannya Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Ruby Hartoyo menjelaskan lomba MTQ dan MQK ini akan dimulai pada Sabtu 29 Juni 2024.

Baca Juga : Realisasi Pajak Daerah Pemkot Mojokerto Lampaui Target Hingga 60,91 Persen Setara 51,9 Milliar 

“Lomba ini diikuti 198 peserta dengan berbagai cabang yang dilombakan diantaranya tartil anak, tilawah anak, tilawah remaja, musabaqah syarih Alquran, MHQ 1 juz dan tilawah, serta musabaqah quraatil kutub,” bebernya.

Ada enam lokasi yang akan digunakan sesuai dengan cabang yang dilombakan, diantaranya Masjid Jami’ Al-Fattah, Aula Pertemuan Kelurahan Jagalan, Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat, Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto, Masjid Roudlotul Jannah Surodinawan, dan Ponpes Al- Azhar Kota Mojokerto.

Pemenang dalam lomba MTQ dan MQK ini akan dikirim mewakili Kota Mojokerto menuju lomba MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper