Abah Usman Apresiasi LSM LIRA Dukung Pemerintahan Bersih dan Bebas Korupsi

Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman menghadiri HUT LSM LIRA di hotel Sun City Sidoarjo. (Ist)
Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman menghadiri HUT LSM LIRA di hotel Sun City Sidoarjo. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Rapat pimpinan nasional sekaligus perayaan Ulang Tahun (HUT) ke 19 Lembaga Swasdaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) berlangsung di Ballrom Hotel Sun City Sidoarjo, pada Rabu (26/6) siang tadi.

Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman M.Kes, ikut hadir pada acara yang diikuti sekitar 300 pengurus dan anggota LSM itu, yang sekaligus menggelar Musyawarah Wilayah DPW LIRA Jatim.

Dalam sambutannya, Abah Usman, sapaan jetua DPRD Sidoarjo ini mengapresiasi kegiatan Rampimnas sekaligus perayaan ulang tahun LSM yang diharapkan terus berkarya, mengabdi dalam berbangsa dan bernegara.

“Keberadaan LSM sangat dibutuhan masyarakat. Termasuk eksistensi LSM LIRA yang kiprahnya tidak perlu kita ragukan untuk kepentingan bermasyarakat dan berbangsa,” katanya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan LSM memiliki karakteristik sebagai lembaga yang independen, tidak terafiliasi dengan pemerintah, dan memiliki tujuan untuk memperjuangkan keadilan. Selain itu juga sebagai agen memperjuangan hak asasi manusia, lingkungan, dan masalah sosial lainnya. 

Abah Usman juga mengaku bangga bisa hadir di acara yang digiat LSM yang selama ini dikenal bekerja memperjuangkan kepentingan masyarakat, memberikan pelayanan dan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pihaknya juga menyadari betul peran LSM, seperti LIRA sangatlah diperlukan dalam hal pengawasan demi kesejahteraan rakyat.

“Tugas dan fungsinya sebagai lembaga memperjuangan kepentingan masyarakat dan kontrol sosial. Ini tidak berbeda kami yang berada legislatif. Dan kami di dewan sangat terbuka bersinergi dengan LSM LIRA yang sama-sama mempunyai fungsi kontrol terhadap kondisi sosial,” tegasnya.

“Mari kita bersama- sama untuk saling mendukung terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih, terbebas dari tindak korupsi,” tambahnya.

Kegiatan Muswil DPW LIRA Jatim yang dibuka Presiden LIRA Jusuf Rizal itu, berlangsung lancar dengan penuh kegayengan. Dalam penyusunan kepengurusan baru, telah menetapkan Samsudin sebagai Gubernur LSM LIRA Jatim, menggantikan Bambang Asraf. 

“LSM LIRA harus mampu mengembang tugasnya sebagai kontrol sosial, termasuk pentingnya terus menggelorakan sikap anti korupsi sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah baik dan bersih demi kemajuan bangsa ini,” kata Jusuf Rizal.  

Senada, ditegaskan Bupati LIRA Sidoarjo, Winarno, ST.Mhum didampingi Widodo, tim investigasi anti korupsi yang merasa bangga menjadi tuan rumah atas terselenggarakan kegiatan berkala nasional tersebut.

“Ini juga sebagai moment konsolidasi bagi anggota LIRA se Indonesia. Sebagai LSM kami tetap teguh dalam bersikap terutama dalam upaya pemberantas tindak korupsi di negeri ini,” ujarnya. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper