Hadiri Khitanan Massal dan Penyembelihan Kurban PAY Dlanggu, Ikfina Apresiasi Pengurus dan Donatur

b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri secara langsung khitanan massal dan penyembelihan qurban di Panti Asuhan Yatim (PAY) Muhammadiyah Dlanggu pada Selasa (18/6) pagi.

Kegiatan ini diinisiasi PAY Muhammadiyah dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 H. Khitanan massal ini diikuti 27 peserta. "Saya berterima kasih kepada para pengurus Muhammadiyah dan Asiyah serta para donatur, juga panitia acara ini. Karena telah mengadakan acara yang bermanfaat. Dan semua ini merupakan upaya kita untuk akhirat, semoga kita bisa istiqomah di jalan ini," ungkap Bupati Ikfina. 

Selanjutnya Bupati Ikfina juga mengungkapkan bahwa khitan dalam agama Islam ditujukan untuk menyempurnakan thaharah atau bersuci pada kaum laki-laki muslim dan bukan pertanda akil baligh.

"Jadi khitan itu sebenarnya bagian dari thaharah atau bersuci, supaya thaharahnya sempurna. Bagi laki-laki muslim khitan ini sangat penting meskipun khitan ini bukan pertanda akil baligh. Karena bisa jadi masih kecil umurnya tapi sudah disunat," tambahnya. 

Baca Juga : Bupati Ikfina Terus Bangun Sinergitas, Terima Silaturahmi PD Muhammadiyah Kabupaten Mojokerto 

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini menyempatkan untuk menyaksikan jalannya prosesi khitan massal. Ia juga mengingatkan kepada orang tua peserta agar memperhatikan perawatan anaknya yang baru dikhitan. Selain itu pihaknya juga mengingatkan para orang tua untuk tidak menerapkan Tarak atau pantangan makan pasca anak dikhitan. 

Baca Juga : Bupati Ikfina Hadiri Pengajian Ahad Pagi, Ingatkan Pentingnya Menghargai Waktu dan Kesehatan 

"Saya minta tolong kepada bapak-ibu, anaknya dirawat dengan baik. Ketika kencing atau mandi sedapat mungkin jahitanya jangan sampai kena air. Kalau masalah makan tidak usah pakai tarak, cukup banyak mengkonsumsi telur, ikan dan daging supaya cepat sembuh luka yang dikhitan," pungkasnya. 

Sebagai informasi turut hadir mendampingi kunjungan Bupati Ikfina Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr. Ulum Rochmad, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Camat Dlanggu serta Forkopimca Dlanggu. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper