Tim Juri Mulai Penilaian Lomba RT, Siapa Pemenangnya?

Tin juri mulai bergerak melakukan penilaian lomba, RT se Kabupaten Sidoarjo. Terdapat 8.860 RT se Kabupaten Sidoarjo. (Ist)a
Tin juri mulai bergerak melakukan penilaian lomba, RT se Kabupaten Sidoarjo. Terdapat 8.860 RT se Kabupaten Sidoarjo. (Ist)a
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Lomba antar RT untuk mendukung program Self Governing Community yang diluncurkan pada tahun 2024, memasuki penilaian tingkat Kabupaten Sidoarjo per bulan Juni 2024 ini.

Tim Juri yang ditunjuk, juga sudah mulai bekerja melakukan penilaian terhadap RT RT pemenang lomba di setiap kategori untul tingkat kecamatan yang tuntas pada bulan Mei 2024 kemarin.

Untuk kategori yang dilombakan antar RT ini terbagi menjadi 5 yaitu; RT Sehat, RT Asri, RT Tahan Pangan, RT Berbudaya dan RT Jimpitan.

Nantinya, akan dinilai setiap kategori dan akan diambil tiga juara terbaik. Masing-masing kategori memiliki aspek dan indikator penilaiannya.

Hadiah Rp 300 juta disiapkan bagi juara pertama di masing-masing kategori. Untuk juara dua Rp 85 juta, juara ketiga Rp53 juta dan juara harapan akan dipilih 7 kelompok dengan hadiah sebesar Rp5 juta.

Oleh karenanya aspek dan indikator penilaian ini penting diperhatikan 8.860 RT se-Sidoarjo jika ingin memboyong hadiah fantastis tersebut.

Menurut Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, M. Ainur Rahman, lomba RT dibuat untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong.

Dikatakannya budaya gotong royong ada sejak lama, namun semakin lama tergerus perkembangan zaman.

Padahal menurutnya budaya gotong royong seperti ini mempercepat tujuan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo.

“Sejatinya budaya itu (gotong-royong) sudah ada sejak lama, berbicara jimpitan, sinoman, kerja bakti itu sejatinya ciri khas masyarakat kita, namun diakui atau tidak ciri itu semakin lama semakin berkurang, mungkin karena perkembangan jaman,” ucapnya.

Ainur berharap lewat Lomba RT seperti ini semangat gotong royong warga semakin meningkat. Saat ini ia melihat semangat itu hanya ada di bulan Agustus saja.

Sebanyak 8.860 RT se Kabupaten Sidoarjo nanti akan memperebutkan hadiah senilai Rp. 300 juta untuk juara pertama dimasing-masing kategori.

Tenaga ahli Kabupaten Sidoarjo Badrus Zaman, menyampaikan terkait indikator penilaian pada masing-masing aspek kategori lomba.

Disebutkan, dalam lomba kategori RT Jimpitan, ada pada aspek tertib adminitrasi waktu pemungutan dan partisipasi warga.  

“Penilaian RT Jimpitan ini, dilihat dari aspek pemanfaatan hasil jimpitan itu sendiri, apakah digunakan untuk sosial kemasyarakatan ataupun infrastruktur lingkungan,” ujar Badrus Zaman.

Sementara, untuk RT Sehat dilihat pada aspek kesehatan lingkungan. Apa di wilayah RT itu terdapat pengelolaan sampah serta kepemilikan jamban sehat serta penghijauannya seperti apa. 

Selain itu, masih menurut Badrus, ada pada kesehatan masyarakatnya juga. Apakah di RT tersebut terdapat Posyandu atau warga yang memiliki balita ditempat tersebut dan aktif mendatangi Posyandu. 

Kemudian aspek lainnya, yakni dilihat dari aspek kesehatan ibu dan anak dilingkungan RT tersebut.

“Kegiatan olah raga massal serta lingkungan itu bebas jentik nyamuk juga salah satu aspek penilaian lomba RT Sehat,” paparnya.

Kemudian selanjutnya, pada kategori aspek penilaian RT Mandiri. Menurutnya dilihat pada penguatan kemandirian serta pemberdayaan ekonomi lingkungan RT setempat.

Selain itu, dijelaskannya bahwa aspek tersebut apakah lingkup RT tersebut melakukan kegiatan sosial, seperti santunan fakir miskin dan anak yatim ataupun memiliki inovasi kegiatan dalam mengatasi kemiskinan.

Lalu untuk penilaian RT Asri, aspek penilaiannya terdapat pada kebersihan dan keindahan lingkungan serta tata lingkungan.

“Indikatornya, ada pada pengelolaan sampah dan penghijauan serta ornament lingkungan taman RT,” tuturnya.

Selain itu juga, drainase lingkungan dan penerangan jalan, kemudian serta sempadan jalan juga menjadi aspek penilaian RT asri pada tata lingkungan. 

Kemudian penilaian pada RT Berbudaya, aspek penilaiannya pada keberadaan pos kampling, serta sistem pengetahuan masyarakatnya. “Seperti apa bangunan fisik serta sistem pengamanan di wilayah RT tersebut,” pungkasnya.

Dari data yang ada, beberapa RT pemenang mewakili tiap Kecamatan yang ada. Diantaranya di Kecamatan Sidoarjo, untuk kategori Jimpitan RT 20 Kelurahan Gebang

Baca Juga : Restoran Asap-Asap Sidoarjo Rekomendasikan Menu Spesial Steak dan Soup

RT 14 Sehat Desa Bluru Kidul. 

RT Asri RT 23 Kelurahan Sekardangan

RT Berbudaya RT 03 Desa Banjar Bendo. 

RT Mandiri Sejahtera RT 40 Kel.Magersari.

Pemenang Lomba RT Jimpitan Tanggulangin :

Juara 1 Desa Kalisampurno

Pemenang Lomba RT Sehat :

Juara 1 Desa Kalitengah

Pemenang Lomba RT Asri :

Juara 1 Desa Gagangpanjang

Baca Juga : Plt Bupati Sidoarjo : Isu Pelarangan Ibadah di Kecamatan Tarik Tidak Benar

Pemenang Lomba RT Berbudaya :

Juara 1 Desa Kalitengah

Pemenang Lomba RT Mandiri :

Juara 1 Desa Kalitengah

Berikut daftar pemenang Lomba RT tingkat Kecamatan Wonoayu

Pemenang Juara 1, kategori lomba RT Jimpitan, Desa Sumberejo, RT13 RW 03.

Pemenang Juara 1, kategori lomba RT Sehat, Desa Semambung RT 03 RW 02.

Pemenang Juara 1, kategori lomba RT Asri, Desa Semambung RT 03 RW 02.

Pemenang Juara 1, kategori lomba RT Berbudaya, Desa Pagerngumbuk RT 03.

Pemenang Juara 1, kategori lomba RT Mandiri Sejahtera, Desa Semambung RT 03 RW 02. (*)

Pengumuman pemenang yang digelar di pendopo Kecamatan Gedangan. 

Untuk lomba RT kategori jimpitan juara 1 diraih RT 10 RW 2 Desa Sruni 

lomba RT kategori sehat uara 1 diraih RT 7 RW 3 Desa Tebel.

Untuk RT Asri juara 1 diraih RT 17 RW 3 Desa Bangah

Sedangkan kategori RT Mandiri Sejahtera juga dimenangkan RT 14 RW 2 Desa Bangah. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper