Sisipkan Tauladan Keikhlasan Ketua PCM Kalipuro Salurkan Ratusan Paket Daging Kurban

Ketua PC Muhammadiyah Kalipuro, Ust. Andie Herwanto (Kaos Hitam), tuntaskan penyembelihan hewan kurban ke 9 dari total 7 ekor kambing dan 2 ekor sapi, usai Sholat Ied Adha di Masjid Miftahul Huda, Kopenbayah, Senin (17/6/2024) pagi. (Irawan)
Ketua PC Muhammadiyah Kalipuro, Ust. Andie Herwanto (Kaos Hitam), tuntaskan penyembelihan hewan kurban ke 9 dari total 7 ekor kambing dan 2 ekor sapi, usai Sholat Ied Adha di Masjid Miftahul Huda, Kopenbayah, Senin (17/6/2024) pagi. (Irawan)
b-news.id leaderboard

BANYUWANGI | B-news.id - Gandeng tokoh masyarakat dan warga setempat, Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Kalipuro, Ust. Andie Herwanto, kembali salurkan ratusan kantong daging kurban bagi warga miskin dan duafa di sekitar wilayah Desa Kelir, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Senin (17/6/2024) Siang.

Tak kurang dari 2 ekor Sapi dan 7 ekor Kambing disembelih secara bergotong-royong di pelataran Yayasan Latansa Billah, Dusun kopenbayah, nuansa kebersamaan dan kekompakan kental meliputi sejak mulai dari prosesi penyembelihan, pemotongan, hingga pendistribusian.

"Alhamdulillah berkat ketekunan kami menabung serta didorong oleh niat menularkan tauladan sikap kerelaan, tiap tahun selalu saja terdapat donatur yang menyalurkan hewan kurbannya pada kegiatan yang rutin kami gelar sejak 2010 guna rayakan Idul adha," ucap Ustadz Andie.

Dengan berkaca-kaca Ustadz Andie mengisahkan keprihatinannya, khususnya untuk Dusun Kopenbayah amat jarang sekali dilaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dapat berkontribusi pada keseimbangan ekonomi, kesetaraan dan memberikan kesempatan bagi semua warga sekitar untuk dapat merasakan kebahagiaan di Hari Raya Idul adha.

"Alhamdulillah di setiap tahunnya, semakin bertambahnya andil rekan alumni Pondok Modern Darussalam Gontor angkatan 1998 kian bertambah pula hewan kurban yang dapat kami distribusikan kepada warga sekitar," ujarnya.

Seraya menghisap dalam-dalam kretek favoritnya, Andie Herwanto berusaha samarkan helaan napas panjangnya kala mengenang kembali pahit getir yang di alaminya kurun waktu 10 tahun pertama berdakwah di Desa yang mayoritas masyarakatnya masih berpola pikir primitif nan kental dengan hal-hal mistis dan magis.

Ketua PC Muhammadiyah Kalipuro, Ust. Andie Herwanto, tak jarang terlibat kegiatan advokasi, khususnya bagi warga Desa Kelir, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi - Jawa Timur.( irawan) 

"Bukan perkara mudah yang kami alami sekeluarga di masa awal berdakwah, melalui kurban seperti ini maupun kegiatan sosial lainnya, bahkan di tahun 2015 kami sempat dirumorkan sebagai penganut aliran sesat oleh warga, naudzubillah," kenangnya sembari terang-terangan menghela nafas panjang.

Baca Juga : Hari Tasrik, Ponpes Al Fattah Berbagi Hewan Kurban Hingga Luar Daerah

"Syukur Alhamdulillah mas, kini hampir menyeluruh warga di Dusun ini akhirnya paham seruan amar ma'ruf nahi munkar yang saya selipkan dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan yang saya gelar nyaris menyeluruh ke penjuru Desa yang kini sudah seperti tanah kelahiran saya," Imbuhnya.

Sembari menegaskan posisi bersila-nya, Ustadz asli kelahiran Penganjuran 45 tahun yang lalu ini mulai menyampaikan harapan yang selama ini Ia idam-idamkan, yakni menumbuhkan empati bagi warga yang tergolong mampu. Mampu dalam arti segi ekonomi maupun segi akhlaknya.

"Harapan saya simple kok, menularkan kepedulian ataupun empati bagi warga sekitar, yang taraf perekonomian maupun agamanya dirasa telah mampu, guna menumbuhkan tanggung jawab mencerahkan dan memajukan saudara sesama muslim, meski beda organisasi," pungkasnya.

Baca Juga : Ketua Umum Pijar Nusantara Bagikan Daging Kurban untuk Anggota dan Kaum Dhuafa

Sungguh sebuah ironi memang potret perjuangan bagi sang pencerah. Hinaan, cacian, bahkan fitnahan tak dapat dipungkiri akan mewarnai perjalanan yang harus di terima sebagai konsekuensi bagi siapapun yang berusaha mendobrak kebiasaan lama (kebiasaan buruk) menuju ke jalan kebajikan yang di ridhoi Allah.

Dari sepenggal kisah yang dituturkan oleh Ust. Andie Herwanto diatas, terdapat nilai-nilai spiritualitas dan sosial tentang tauladan Idul adha yakni keikhlasan dan kebersamaan guna memupuk serta memperkuat solidaritas sosial, dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Irawan mewakili Jajaran Redaksi Tabloid

"B-News Today's" bersama Ustadz Andie Herwanto, pengasuh yayasan latansa billah, kopenbayah mengucapkan, Eid al-Adha Mubarak lakum Wali'a'ilatakum "Selamat merayakan Idul Adha, untukmu sekeluarga," (Irawan B-news)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper