Kelurahan Surodinawan Ikuti Penilaian Lapang Dalam Lomba Desa dan Kelurahan se-Jawa Timur 

Mas Pj menyambut Ketua tim penilai yang juga Kepala DPMD Provinsi Jatim. (ist)
Mas Pj menyambut Ketua tim penilai yang juga Kepala DPMD Provinsi Jatim. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Lomba Desa dan Kelurahan se-Jawa Timur tahun 2024 telah memasuki penilaian lapang. Dari 3 terbaik salah satunya adalah Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto. Dalam Lomba Kelurahan dan Desa ini juga pelaksana terbaik 10 program PKK. 

Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro bersama Ketua PKK Kota Mojokerto Nia Wayanti Ali Kuncoro menyambut langsung kedatangan tim penilai yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, Budi Sarwoto di Pendopo Rumah Rakyat Jalan Hayam Wuruk 50 Kota Mojokerto. 

Pada kesempatan tersebut mas Pj sapaan akrab dari Ali Kuncoro berharap tim penilai memberikan penilaian seobyektif mungkin. "Kami berharap tim penilai memberikan masukan dan saran untuk peningkatan kinerja kami kedepannya. Kami yakin dengan bimbingan dan evaluasi dari tim penilai kami dapat lebih baik lagi dalam mengelola pemerintahan serta menjalankan 10 program pokok PKK," ujar mas Pj. 

Menurut Sarwoto bahwa lomba kelurahan dilaksanakan bersamaan dengan lomba pelaksana terbaik 10 program PKK kelurahan atau desa yang baik itu pasti didukung oleh PKK yang kuat.

"Kelurahan dan TP PKK itu saling melengkapi. Jadi suatu kelurahan atau desa tidak akan maju kalau TP PKK nya tidak mendukung," papar Sarwoto. 

Baca Juga : Pj Wali Kota Mojokerto Peletakan Batu Pertama Pembangunan Wihara Buddhayana, Wujud Nyata Toleransi

Tim penilai lapang lomba Kelurahan Desa yang dipimpin oleh Budi Sarwoto diterima mas Pj. (ist)

Selanjutnya Sarwoto menyampaikan bahwa Surodinawan masuk 3 besar kelurahan terbaik tentu karena penilaian dari tim benar-benar obyektif. "Tim juri telah menilai seobyektif mungkin, bukan karena mas Pj selaku Wali Kota adalah teman Kepala OPD di provinsi. Jadi 3 besar terpilih adalah hasil penilaian objektif tim juri dan memang layak masuk 3 besar," tegasnya.

Baca Juga : Mas Pj Ajak Warga Muhasabah Diri Lewat Ngaji Bareng Gus Mus, Rayakan Tahun Baru 1446 Hijriyah

Terdapat tiga bidang penilaian dalam lomba kelurahan dan desa yaitu, bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Dimana dalam bidang pemerintah Kelurahan Surodinawan memiliki beberapa inovasi pelayanan seperti Suket Plano Reborn ( Surat Keterangan Pelayanan Online) ada Suromed Center (Surodinawan Media Center).

Dalam bidang kewilayahan ada inovasi Asman Toga (Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga) dan dalam bidang Kemasyarakatan ada inovasi Tiger Banting Siburuk (Tim Gerak Cepat Berantas Stunting dan Gizi Buruk).

Lebih lanjut ada inovasi hasil kolaborasi dengan TP PKK Kelurahan Surodinawan yaitu Lumbung Bersahabat (Lumbung pengumpulan bantuan masyarakat untuk warga yang membutuhkan), Jumat Beranting (Jumat Berkah Atasi Stunting) serta Kelir Cantik's (Kelas Ibu Hamil, Remaja dan Calon Pengantin). (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper