Bupati Ikfina Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bumikan Pancasila Saat Peringati Harlah Pancasila 

Bupati Ikfina bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto setelah melaksanakan upacara Harlah Pancasila di Halaman Pemkab Mojokerto. (ist)
Bupati Ikfina bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto setelah melaksanakan upacara Harlah Pancasila di Halaman Pemkab Mojokerto. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila dan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Halaman Pemkab Mojokerto pada Sabtu (1/6) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengajak seluruh komponen bangsa untuk saling bahuda membahu untuk membumikan nilai-nilai Pancasila di dalam setiap aspek kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Upacara peringatan Harlah Pancasila dan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 turut dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para Asisten Staf Ahli Bupati Mojokerto, Kepala OPD, Direktur BUMD dan Camat Se-Kabupaten Mojokerto. 

"Sebagai meja statis Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi bermacam gelombang dan tantangan serta ujian sejarah. Sehingga sampai saat ini Indonesia masih tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar," ucap Bupati saat membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik, Yudian Wahyudi. 

Sedangkan menurut leidstar dinamis Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kejayaan, kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi informasi dan teknologi dewasa saat ini.

Pancasila senantiasa menjadi jiwa dan pedoman serta ideologi yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. 

Selain itu Ikfina menilai seluruh masyarakat juga perlu keteladanan yang tercermin pada etika, integritas dan karakter baik para pemimpin maupun warga masyarakat sendiri.

"Dewasa ini kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat merupakan tantangan tersendiri buat bangsa Indonesia," tambahnya. 

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dan Harkitnas di halaman Pemkab Mojokerto. (ist)

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini juga mengharapkan Pancasila dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorieantasi dimasa depan.

Dengan masifnya orang menggunakan telepon seluler dan ponsel pintar untuk mengakses informasi dari berbagai media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk membagikan kontens" positif yang merupakan aktualisasi Pancasila dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. 

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengamalkan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian sehingga mampu diakomodir oleh gen Z dan menempatkan para gensi Z sebagai pelaku utama pembangunan," harapnya. 

Dengan semangat Pancasila yang kuat ia meyakini tantangan bangsa Indonesia dapat diatasi. Apalagi disaat ekonomi global, Indonesia mampu menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik. 

"Tentu keberhasilan tersebut merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan Pancasila sebagai ideologi dasarnya," tegasnya.

Pada saat akhir sambutannya Bupati Ikfina kembali mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat nilai-nilai Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila tiap.1 Juni.

"Mari kita senantiasa bekerjasama berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga melalui peringatani Harlahi9 Pancasila ini mampu memompa semangat kita semua untuk terus maju menjadi bangsa yang besar, berwibawa dimata masyarakat dunia," pungkasnya. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper