Lagi, Kota Mojokerto Raih Predikat Memuaskan Penghargaan Digital Gouverment Award 

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro saat mengikuti SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara. (ist)
Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro saat mengikuti SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Penghargaan demi penghargaan kembali diterima Kota Mojokerto. Kali ini Pemkot Mojokerto berhasil meraih Digital Gouverment Award 2024 kategori Penerapan Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah (IPPD) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Berita gembira ini didapat saat berlangsungnya SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara Jakarta pada Senin (27/5).

"Puji syukur alhamdulillah, atas penghargaan yang kami terima, ini tentu akan menjadi motivasi dalam rangka memperkuat sinergi antar seluruh elemen strategis baik secara vertikal maupun horizontal," ujar mas Pj sapaan akrab dari Pejabat Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro.

Sebagai informasi indeks SPBE mengukur penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE dengan tujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. 

Indeks SPBE tahun 2023 menjadi pencapaian terbaik yang dicapai Kota Mojokerto yaitu 4,26 dengan predikat memuaskan. Angka tersebut naik dari tahun 2021 diangka 2,92 dan ditahun 2022 dengan angka 3,32.

"Penghargaan ini merupakan salah satu bukti bagaimana digitalisasi layanan pemerintahan secara umum bisa disimpulkan berjalan efektif dan efisien. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan syukur-syukur bisa berdampak," imbuhnya. 

Baca Juga : Pj Wali Kota Mojokerto Sabet Pembina Koperasi Andalan Harkopnas ke-77

Presiden RI Joko Widodo memberikan arahannya kepada Kepala Daerah se-Indonesia. (ist)

Sebagai informasi penilaian indeks SPBE ini melibatkan berbagai perguruan tinggi sebagai asesor eksternal. Dan dalam prosesnya melalui beberapa tahapan, diantaranya penilaian mandiri, penilaian dokumen, penilaian interview, visitasi serta pelaporan. 

Baca Juga : Pemkot Mojokerto Bagikan Seragam Sekolah Gratis Kepada 5.290 Siswa Baru SD - SMP

Selanjutnya Pemkot melakukan upaya yaitu membangun satu portal untuk pelayanan publik di Kota Mojokerto. Portal layanan itu diberi nama (PALAPA MOJO) sebuah Portal Layanan Publik Terpadu Pemerintah Kota Mojokerto. 

"Pelaksanaan transformasi digital dalam pelayanan publik tentu diharapkan dapat mendorong penciptaan inovasi dalam memecahkan masalah yang ada. Akan tetapi tidak harus menambah aplikasi baru cukup mengintegrasikan atau interoperabilitaskan ke dalam aplikasi yang sudah ada. Nah PALAPA MOJO inilah rumahnya," jelas Santi Retnaning Tyas Kepala Diskominfo Kota Mojokerto. 

PALAPA MOJO dapat didownload melalui Google play store. Aplikasi dapat digunakan untuk mengakses beberapa layanan diantaranya Gayatri, PPID, antrean online di MPP Gajah Mada, Call Center 112, PSC 119, SiMojo, SiMakel. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper