Tingkatkan Iman dan Taqwa Peserta Didik, SMPN 3 Waru Gelar Pondok Ramadhan Selama 6 Hari

Siswa - siswi SMPN 3 Waru saat mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan. (Ist)
Siswa - siswi SMPN 3 Waru saat mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Siswa-siswi SMP 3 Waru antusias mengikuti kegiatan pondok Ramadhan yang diadakan sekolah mereka. 

Pondok Ramadhan adalah kegiatan keagamaan yang digelar hanya pada saat bulan suci Ramadhan saja. Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia orang muslim.

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang identik dengan bulan berbagi.bulan penuh rahmat dan ampunan.Bulan Ramadhan adalan bulan dimana bagi yang beramal pahalanya akan dilipatgandakan 

Untuk itulah SMPN 3 Waru melaksanakan kegiatan pondok Ramadhan selama enam hari mulai tanggal 1 -6 April 2024 yang diikuti oleh seluruh peserta didik.

Selama pelaksanaannya, siswa diberikan materi berkaitan tentang ibadah puasa, membaca Alquran, tata cara shalat hingga zakat. Mereka dibimbing langsung oleh guru PAI, guru kelas, Kepala hingga pengawas sekolah.

’’Pondok Ramadhan ini diharapkan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga memotivasi siswa agar selalu beribadah dengan benar khusuk dan sungguh-sungguh,’’ kata Kepala SMPN 3 Waru H Mas Husein,S.Pd,M.M.Pd

Tak hanya itu, selama bulan suci ramadan, SMPN 3 Waru juga telah mengkhatamkan Al Qur'an. Khotmil Quran bergantian dilakukan oleh guru maupun siswa. Di hari terakhir Pondok Ramadhan, siswa didampingi guru mereka membagikan takjil kepada warga maupun pengguna jalan yang melintas di depan SMP N 3 Waru ’’Pembagian takjil ini kolaborasi siswa, orang tua, komite dan pihak sekolah sebanyak ratusan bungkus yang kita bagikan,’’ terang Husen. 

Setelah membagikan takjil, SMPN 3 Waru juga melaksanakan buka puasa bersama yang dilanjutkan dengan salat tarawih berjamaah. Menurutnya, kegiatan ini menjadi ajang penanaman karakter pada siswa untuk berderma, berempati, dan memperbanyak pahala pada bulan penuh berkah ke sesama.

’’Selain Pondok Ramadhan, dari kegiatan bagi-bagi takjil ini diharapkan anak didik bisa memetik pembelajaran dan melatih agar terbiasa memiliki kepedulian dan gemar berbagi kepada sesama,’’ pungkasnya. (sam)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper