Tingkatkan Ketaqwaan, Siswa SMAN 1 Bangkalan Gelar Pondok Ramadhan

Para guru dan siswa saat mengikuti pondok Ramadhon. (Ist)
Para guru dan siswa saat mengikuti pondok Ramadhon. (Ist)
b-news.id leaderboard

BANGKALAN | B-news.id - Dalam meningkatkan ketakwaan para siswanya didalam bulan suci Ramadhan SMAN 1 Negeri Bangkalan melakukan langkah inovatif dengan melakukan kegiatan Pondok Romadhon.

Kegiatan digelar di salah satu Pondok Pesantren dan keunikan dari program tersebut adalah selama kegiatan siswa menempati lokasi di Pondok Pesantren Asshomadiah yang dikenal cukup maju di wilayah kecamatan Burneh.

Kepala sekolah SMAN i Bangkalan Madura, Miftahul Huda menyampaikan, kegiatan Pondok Romadhon SMAN 1 yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Asshomadiah, adalah kegiatan yang menawarkan pengalaman yang mendalam dan transformatif bagi siswa dalam memperdalam pengetahuan agama Islam, serta mempraktikkan ajaran-ajaran agama secara langsung. 

Menurutnya, pendekatan ini membuka ruang bagi siswa untuk merenungkan makna Ramadhan, meningkatkan kualitas ibadah, dan menguatkan ikatan spiritual mereka dengan Allah SWT.

“Ini adalah program perdana yang sengaja kami laksanakan di sekolah ini (SMAN 1 Bangkalan), kami tidak ada tendensi lain, dan kami ingin target program ini tercapai dengan maksimal yaitu menguatkan ibadah siswa” begitu yang disampaikan kepala sekolah di ruang kerjanya. (Rabu, 20/3).

Selain itu Miftahul Huda mengatakan, melalui Pondok Romadhon, siswa diajak untuk memperdalam pemahaman tentang konsep ketakwaan dan mengaplikasikannya dalam berbagai konteks kehidupan.

“Selama dua hari tiga malam di pondok pesantren, siswa akan diberikan materi-materi yang relevan dan menarik tentang konsep ketakwaan, diajarkan kebersamaan, kebersihan, tata cara ibadah, serta kajian kitab suci. Dan perlu dicatat, disana siswa tidak dibiarkan begitu saja, kami selaku guru secara bergilir mengawasi selama kegiatan” terangnya.

Dijelaskan juga bahwa dari kegiatan Pondok Romadhan ini diikuti oleh siswa sekitar 700 dari dua kelas yang berbeda. Kegiatan mulai dilaksanakan sejak hari Selasa kemarin (19/3) dan berakhir Rabu minggu depan (27/3)

Miftahul Huda juga menguraikan, dengan  Pondok Romadhon di dalam pesantren ini diharapkan siswa-siswa SMAN 1 Bangkalan tidak hanya mendapatkan peningkatan dalam pengetahuan agama, tetapi juga mampu mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan demikian, program ini bukan hanya sekedar tentang memperdalam ilmu agama, tetapi juga tentang membentuk karakter dan kepribadian yang bertakwa dan berakhlak mulia.

“Program ini merupakan evaluasi bagi kami, semoga dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi siswa dalam masyarakat ” harapnya.(clis) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper